Daftar Makanan Khas Riau yang Harus Dicoba Wisatawan
Mi Lendir (riau.go.id)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Ada banyak makanan khas Riau yang jadi favorit para wisawatan yang sedang berkunjung ke salah satu provinsi yang ada di pulau Sumatera. Makanan yang tersedia juga beragam mulai dari yang rasanya gurih dan bersantan hingga manis.

Makanan yang menjadi ciri khas Riau juga sekaligus menjadi salah satu identitas dan produk budaya di wilayah tersebut sehingga kurang afdal rasanya berkunjung ke Riau tanpa mencicipi makanan yang ada di provinsi tersebut.

Daftar Makanan Khas Riau

Yang menjadikan makanan khas Riau makin menggoda selera adalah banyaknya rempah yang digunakan pada masakan. Rempah tersebut membuat masakan memiliki cita rasa yang kuat dan rasanya pun beragam.

Tak hanya sampai situ saja, posisi Riau yang kuat dengan budaya Melayu membuat produk kuliner provinsi tersebut punya ciri khas yang berbeda dengan makanan dari pulau lain. Beberapa makanan khas Riau yang patut dicoba adalah sebagai berikut.

  1. Gulai Belacan

Gulai belacan adalah makanan khas Riau dengan bahan utama berupa udang baik udang tawar maupun laut. Makanan ini berkuah kental dengan santan yang pekat. Rasa gulai belacan memadukan yang kuat didapat dari kemiri, lada, dan dicampur asam agar lebih segar.

  1. Mi Lendir

Lendir pada mi lendir bukan dalam arti yang sebenarnya. Efek “lendir” ini didapat dari kuahnya yang cukup kental sehingga menyerupai tekstur lendir. Makanan ini memadukan mi kuning dengan kuah kacang, telur rebus, dan tauge. Anda bisa menambahkan potongan cabe rawit jika ingin menambah rasa pedas sesuai selera.

  1. Lapek Bugi

Bagi Anda pecinta makanan manis, lapek bugi bisa jadi salah satu sajian yang patut dicoba. Makanan ini merupakan khas kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Makanan ini secara umum terbuat dari tepung yang dibungkus daun pisang. Namun kini banyak modifikasi dengan menambahkan kelapa dan gula merah di dalamnya. Bahkan ada pula yang menambahkan durian.

  1. Kue Asidah

Kue asidah banyak dijumpai di Rokan Hulu, Indragiri Hilir, dan sekitarnya. Makanan ini terbuat dari gandum dan mentega. Sedangkan efek manisnya berasal dari madu.

  1. Kacang Pukul

Makanan ini berasal dari daerah Bagansiapiapi, Riau. Seperti namanya, makanan ini berbahan dasar kacang tanah yang dicampur dengan sedikit gula dan garam. Rasanya memadukan gurih dan manis. Cara membuat kacang pukul juga unik yakni dengan menumbuk kacang dan bumbu yang diperlukan sampai halus.

  1. Olahan Ikan Lomek

Olahan ikan lomek adalah salah satu masakan khas Riau yang wajib dicoba. Makanan ini berbahan dasar ikan lomek, ikan yang licin sejenis belut. Sajian kuliner ikan lomek biasanya disajikan sebagai sup, gulau, fillet, atau sekadar digoreng. Anda bisa mendapatkan olahan ikan lomek di warung atau restoran bertema tradisional di daerah pesisir Riau.

  1. Lempuk Durian

Di Jawa, lempuk durian mirip dengan jenang dodol. Jika dodol terbuat dari ketan, lempuk durian terbuat dari bahan baku durian. Bagi Anda pecinta durian, makanan ini sangat direkomendasikan untuk Anda. Rasa manis durian akan Anda dapatkan pada lempuk durian. Selain bisa dikonsumsi sendiri juga bisa dijadikan sebagai oleh-oleh.

Itulah informasi tentang makanan khas Riau. Untuk mendapatkan informasi menarik lain kunjungi VOI.ID.