Apa yang Terjadi Pada Tubuh Jika Tidak Makan Nasi: Begini Fakta Mengejutkannya
Apa yang Terjadi Pada Tubuh Jika Tidak Makan Nasi (Gambar Jcomp-Freepik)

Bagikan:

YOGYAKARTA - Tiap hari metabolisme tubuh menghasilkan tenaga yang dibutuhkan buat aktivitas serta berbagai fungsi tubuh. Umumnya, tenaga didapat dari glukosa yang bersumber dari santapan tiap hari. Ingin tahu apa yang terjadi pada tubuh jika tidak makan nasi?

Tetapi, dalam kondisi tertentu, proses metabolisme buat menghasilkan energi pula bisa memakai susunan lemak yang terletak di dalam badan. Perihal ini diketahui dengan sebutan ketosis.

Ketosis merupakan keadaan metabolisme yang bersifat sementara, di mana badan tidak lagi metabolisme glukosa dari makanan, melainkan dengan cara memecah lemak di badan. Proses ini mendorong liver buat memecah asam lemak demi menciptakan senyawa ketone, di antara lain beta–hydroxybutyrate serta acetone yang selanjutnya didistribusikan ke berbagai jaringan serta cairan tubuh.

Ada beberapa hal yang menimbulkan badan membakar lemak buat menciptakan tenaga, di antara lain berpuasa, beraktivitas fisik dengan intensitas tinggi, ataupun pola makan rendah karbohidrat. Keadaan ketosis membolehkan badan mengurangi susunan lemak lebih banyak, dalam waktu yang cenderung singkat.

Lalu, perubahan semacam apa yang dirasakan saat badan menggunakan lemak selaku pengganti glukosa dari karbohidrat? Berikut beberapa perubahan yang terjadi dikutip dari beberapa sumber.

Apa yang Terjadi Pada Tubuh Jika Tidak Makan Nasi

1. Gula Darah Rendah

Karbohidrat ialah sumber tenaga. Dikala komsumsi karbohidrat hingga badan hendak memecahnya jadi glukosa, kemudian glukosa diserap oleh sel badan buat menemukan tenaga. Bila kandungan karbohidrat dalam badan tidak terpenuhi hingga bisa merendahkan kandungan gula dalam badan. Keadaan gula darah yang rendah bisa memunculkan indikasi semacam berkeringat, menggigil ataupun kedinginan, mati rasa, sampai berkurangnya fokus serta konsentrasi.

2. Susah Konsentrasi

Nasi serta karbohidrat tidak selalu jahat untuk badan. Sepanjang komsumsi dalam batasan ideal maka nasi bakal aman untuk badan. Otak pula memerlukan konsumsi glukosa dari karbohidrat buat digunakan selaku bahan bakar dalam menjalani fungsi tubuh secara menyeluruh.

3. Nafsu Makan Menurun

Penurunan konsumsi nasi selaku sumber karbphidrat bisa memunculkan pergantian hormon yang mengendalikan rasa lapar. Senyawa keton yang dihasilkan saat alami ketosis pula pengaruhi otak merespon rasa lapar. Sebagai gantinya, otak bakal mendorong badan buat komsumsi lebih banyak protein serta mineral, sayur- mayur, serta buah- buahan.

4. Berat Badan Turun Drastis

Pada saat tidak makan nasi, tubuh bakal kehabisan berat badan. Tetapi kehilangan berat badan ini bukan hal yang baik sebab badan bakal merasa lelah. Organ di dalam badan jadi tidak bekerja maksimal sebab kekurangan stok energi. Dalam jangka waktu yang lama, keadaan ini beresiko menyebabkan kerusakan organ.

5. Gampang Lelah

Dampak diet tidak makan nasi ataupun konsumsi karbohidrat lainnya ialah gampang letih sebab badan tidak mempunyai sumber tenaga. Akibat keletihan maka badan jadi terasa lemas serta kehabisan tenaga sehingga cepat letih pada saat melaksanakan kegiatan.

6. Gangguan Tidur

Gangguan tidur bisa terjadi saat proses ketosis terjadi sebab rasa lapar. Dorongan rasa lapar ini membuat orang terbangun dari tidurnya di tengah malam ataupun di pertengahan fase tidur.

7. Bau Mulut

Pada saat mengurangi makan nasi, maka badan bakal merespon secara natural dengan memecah lemak serta menciptakan zat kimia yang disebut keton. Zat keton ini dapat menimbulkan bau mulut sehingga membuat aroma napas jadi tidak enak.

Bermacam dampak tersebut terjadi sebab tidak makan nasi. Sumber karbohidrat lain bisa digunakan selaku penggantinya, tidak hanya itu metode lain yang tidak meninggalkan nasi dalam proses diet pula sudah banyak buat bisa dipilih.

Kesehatan badan didapatkan dengan menjaga keseimbangan konsumsi santapan serta minuman yang dikonsumsi. Kondisi badan ideal pula dapat diperoleh dengan senantiasa mencermati nutrisi yang masuk serta keluar.

Bicara soal nasi kita tetap bisa sehat lho asalkan membaca: “5 Tips Makan Nasi Putih Agar Kesehatan Tubuh Tetap Terjaga” sebagai panduannya.

Jadi setelah mengetahui apa yang terjadi pada tubuh jika tidak makan nasi, simak berita menarik lainnya di VOI.ID, saatnya merevolusi pemberitaan!