Harus Diimbangi dengan Sayuran, Ikuti 5 Cara Sehat Makan Nasi Putih
Ilustrasi cara sehat makan nasi putih (iStockphoto)

Bagikan:

YOGYAKARTA – Nasi putih merupakan makanan pokok di banyak budaya. Makanan pokok ini mengandung 41,1 gram karbohidrat dalam satu takaran atau 1 cangkir. Sebuah studi pada perempuan dengan diabetes, menyarankan mengonsumsi nasi putih suhu ruangan alih-alih mengepul hangat karena menurunkan lonjakan gula darah setelah makan. Dari studi tersebut artinya nasi putih dapat dimakan secara sehat apabila tepat cara, porsi, didampingi menu penyeimbang, dan waktu makan.

Sebagai makanan pokok, nasi putih dikonsumsi oleh 60 persen populasi dunia, melansir Healthline, Senin, 1 Agustus. Beras diproduksi di wilayah Asia-pasifik yang juga membantu memutar roda ekonomi. Apabila dibandingkan dengan beras merah, beras putih memang menawarkan lebih sedikit nutrisi. Namun, nasi putih lebih disukai karena waktu memasak lebih cepat dengan tekstur lebih lembut, lebih kaya vitamin B niasin, dan lebih hemat.

Meskipun ada pro dan kotra terhadap manfaat kandungan dan risiko terlalu banyak makan nasi putih, tetapi ini bisa diatasi dengan sejumlah trik. Apa saja yang perlu dipertimbangkan agar bisa tetap sehat dengan makan nasi putih? Berikut tipsnya.

1. Imbangi dengan kacang polong dan buncis

Ketika kacang polong dan buncis dipasangkan dengan nasi, termasuk nasi putih, maka protein lengkap akan terbentuk. Protein lengkap adalah protein yang menyediakan sembilan asam amino esensial dalam jumlah yang cukup. Bagi Anda yang mengikuti pola makan vegetarian, bisa makan nasi putih dengan cara sehat ini. Jika Anda makan makanan hewani, bisa melengkapi komposisi kacang polong dan buncis dengan sedikit ikan atau daging.

cara sehat makan nasi putih
Ilustrasi cara sehat makan nasi putih (iStockphoto)

2. Pakai metode MyPlate

Cara sehat untuk makan nasi putih, Anda bisa memakai metode MyPlate yang direkomendasikan oleh USDA. Caranya, bagi bagian piring menjadi dua. Satu bagian bagi kembali menjadi dua, salah satu bagian terkecil adalah nasi putih. Bagian terkecil kedua untuk daging dan sumber makanan lain yang mengandung protein. Setengahnya yang lebih besar, isi dengan sayuran dan buah yang tidak mengandung tepung.

3. Olah jadi bubur sayuran

Di Spanyol, bubur sayuran disebut dengan nasi sayur. Ketika Anda memasukkan kacang polong, kacang-kacangan, wortel, bayam, dan labu dalam bubur nasi, artinya bisa menebus kandungan serat yang lebih rendah dari nasi putih dengan jenis sayuran tersebut. Sayuran tersebut juga kaya nutrisi, seperti kalsium, vitamin C, zat besi, dan folat yang mendukung menurunkn kadar kolesterol serta gula darah.

4. Lauk ikan

Mengonsumsi ikan setidaknya dua kali seminggu dikaitkan dengan manfaat untuk kesehatan jantung, saraf, dan hati. Selain itu, ikan merupakan sumber protein, antioksidan, dan anti-inflamasi. Agar makan nasi putih tetap sehat, Anda bisa melengkapi menu ikan dua kali seminggu. Ikan pilihan yang tinggi omega-3, salah satunya ikan tuna. Jangan lupa menambahkan sayuran segar non-tepung dan tinggi serat untuk meningkatkan kesehatan.

5. Nasi putih dimasak dengan cara tepat

Sebuah studi yang dipresentasikan di American Chemical Society of Denver menunjukkan bahwa cara memasak nasi menentukan efeknya pada tubuh. Peneliti dari ACS dan University of Southern California, mencatat bahwa pada sebutir beras mengandung dua jenis pati, yaitu pati yang dapat dicerna, yang nantinya membuang dan atau menumpuk banyak glukosa dalam sistem tubuh. Serta pati yang tak bisa dicerna, dan hanya melewati sistem pencernaan.

Nasi bisa diolah untuk mengubah komposisi pati yang dapat dicerna menjadi pati resisten. Pertama, tambahkan satu sendok teh minyak kelapa dalam panci berisi air mendidih. Masukkan nasi putih dan masak hingga nasi matang. Setelah matang, masukkan nasi ke dalam kulkas selama semalam. Keesokan harinya, cukup panaskan nasi kembali jika akan mengonsumsinya.