Hakim Belum Putuskan Hasil Eksepsi, Tim Pengacara Rizieq Shihab Sudah Siapkan Saksi dan Ahli
Rizieq Shihab (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Tim pengacara Rizieq Shihab sudah menyiapkan sejumlah saksi yang bakal dihadirkan dalam persidangan selanjutnya. Meski, majelis hakim belum menentukan keputusan soal diterima atau tidaknya eksepsi yang sudah diajukan.

"Kita sudah siapkan semua. Saksi-saksi sedang dan akan kami siapkan sebagian juga sudah kita matangkan juga," ucap anggota tim pengacara Rizieq Shihab, Aziz Yanuar kepada wartawan, Rabu, 31 Maret.

Hanya saja, Aziz belum mau membuka identitas saksi dan ahli yang bakal dihadirkan. Khusus ahli, kata dia, sengaja disimpan untuk nantinya memperkuat keterangan saksi fakta.

"Nanti kita simpan untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan," kata Aziz.

Sementara soal bakal diterima atau tidaknya eksepsi, Aziz seolah pasrah. Dia menyerahkan sepenuhnya kepada majelis hakim untuk menetukan.

"Insyaallah kita menyerahkan kepada hakim dan buat kami hasilnya bukan urusan kami, kami hanya usaha semaksimal mungkin. Hasilnya bukan urusan kami," kata dia.

Sebagai informasi, Rizieq Shihab sudah menjalani persidangan untuk tiga perkara dengan agenda tanggapan jaksa atas eksepsi. Perkara itu antara lain, dugaan penghasutan dan pelanggaran protokol kesehatan (prokes) di Petamburan.

Kemudian, perkara pelanggaran prokes dan kerumunan di Megamendung terkait peletakan batu pertama pembangunan pondok pesanteren.

Terkahir, perkara terkait hasil swab di RS UMMI Bogor. Di mana, Rizieq Shihab tak berkenan menyampaikan hasil swab tes padahal sudah positif terpapar COVID-19.