Anjing German Shepherd Miliknya Menarik Perhatian, Joe Biden: Dia Anjing yang Manis
Presiden Joe Biden bersama kedua anjingnya di dalam Gedung Putih. (Wikimedia Commons/The White House)

Bagikan:

JAKARTA - Mayor, seekor anjing jenis German Shepherd milik Presiden Amerika Serikat Joe Biden menarik perhatian publik. Saat Ia disebut berperilaku agresif, menggonggong hingga menggigit staf Gedung Putih, sebelum akhirnya dipulangkan pekan lalu.

Namun, Joe Biden menyebut anjing miliknya tersebut tidak dipulangkan dari Gedung Putih. Anjing yang disebutnya masih memerlukan adaptasi dengan 'keramaian' di Gedung Putih tersebut, dikatakannya tengah mengikuti pelatihan. 

"Mayor tidak menggigit seseorang dan menembus kulitnya," kata Biden kepada program ABC 'Good Morning America' yang disiarkan Rabu 17 Maret seperti melansir Reuters.

"Anda berbelok di tikungan dan ada dua orang yang tidak Anda kenal sama sekali dan mereka bergerak. Dan dia (Mayor) bergerak untuk melindungi," tambah Biden, mengacu pada Dinas Rahasia AS dan staf lain yang ditemui anjing German Shepherd miliknya di Gedung Putih.

Biden mengatakan, Mayor saat ini sedang mengikuti pelatihan. Ia pun mengungkapkan, setelah keramaian pekan lalu, Ia tidak memulangkan Mayor ke kediamannya di Delaware

"Dia anjing yang manis. Delapan puluh lima persen orang di sana mencintainya. Yang dia lakukan hanyalah menjilat dan mengibas-ngibaskan ekornya," kata Biden, yang pindah ke Gedung Putih dengan dua anjingnya setelah dilantik pada 20 Januari lalu. 

joe biden
Presiden Joe Biden bersama kedua anjingnya. (Wikimedia Commons/The White House)

Biden mengadopsi Major pada 2018 dari Delaware Humane Society untuk bergabung dengan German Shepherd lain miliknya, Champ. Berbeda dengan Mayor, Champ sudah akrab dengan kehidupan Washington. Biden mendapatkan Champ pada tahun 2008, tahun dimana dia terpilih menjadi wakil presiden di bawah Presiden Barack Obama.

Diberitakan sebelumnya, dua Anjing German Shepherd milik Presiden Joe Biden dan ibu negara Jill Biden telah dikembalikan ke rumah keluarga Biden di Delaware minggu lalu. Masing-masing anjing bernama Champ dan Mayor.

Sumber CNN menyebut, pemulangan keduanya disebabkan perilaku agresif Mayor di Gedung Putih. Diadopsi dari penampungan hewan Delaware pada November 2018 lalu, Mayor digambarkan terlibat dalam insiden menggigit keamanan Gedung Putih.

Kondisi sebenarnya dari korban tidak diketahui, namun, kondisi tersebut cukup serius sehingga anjing itu kemudian dipindahkan ke Wilmington, Delaware, tempat mereka tinggal. 

Mayor yang berusia 3 tahun, dikenal sering menunjukkan perilaku gelisah, termasuk melompat, menggonggong, dan 'menyerang' staf dan keamanan, menurut sumber tersebut, terkait sikap anjing di Gedung Putih.

Sementara Champ anjing lainnya milik Joe Biden, diketahui sudah berusia sekitar 13 tahun dan telah melambat secara fisik karena usianya yang sudah lanjut. Champ dan Major pindah ke Gedung Putih pada Bulan Januari, kurang dari seminggu setelah pelantikan Biden.