Kembali ke Gedung Putih, German Shepherd Presiden Joe Biden Siap Jadi <i>First Dog</i>
Presiden Joe Biden bersama anjing-anjingnya di Gedung Putih. (Wikimedia Commons/The White House)

Bagikan:

JAKARTA - Major, anjing jenis German Shepherd milik Presiden Amerika Serikat Joe Biden yang sempat menarik perhatian umum, kembali ke Gedung Putih, Washington, usai mengikuti 'pelatihan' sebagai First Dog, merujuk statusnya sebagai peliharaan Presiden Amerika Serikat, bersama Champ.

Berbeda dengan Champ yang sudah terbiasa dengan keramaian, saat menemani Joe Biden kala masih menjabat sebagai Wakil Presiden Amerika Serikat. Mayor belum terbiasa dengan situasi di Washington, termasuk dengan protokoler dan banyak orang yang tidak dikenalnya.

"Champ dan Mayor ada di sini di Gedung Putih," kata Juru Bicara Gedung Putih Jen Psaki dalam pengarahannya Rabu 24 Maret lalu, melansir Reuters

Psaki mengatakan, anjing-anjing itu bergabung dengan Joe Biden di tempat peristirahatan kepresidenan Camp David dekat Thurmont, Maryland, selama akhir pekan dan kembali ke Gedung Putih bersama mereka pada hari Minggu.

"Anjing akan datang dan pergi, dan tidak jarang mereka kembali ke Delaware sesekali," tambahnya.

joe biden with dog
Presiden Joe Biden bersama kedua anjingnya di ruang kerja presiden di Gedung Putih. (Wikimedia Commons/The White House)

Diberitakan sebelumnya, Mayor disebut berperilaku agresif, menggonggong hingga menggigit staf Gedung Putih, sebelum akhirnya dipulangkan pekan dari Gedung Putih, Washington D.C pada minggu pertama Maret lalu. 

Namun, Joe Biden menyebut anjing miliknya tersebut tidak dipulangkan dari Gedung Putih. Anjing yang disebutnya masih memerlukan adaptasi dengan 'keramaian' di Gedung Putih tersebut, dikatakan tengah mengikuti pelatihan. 

"Mayor tidak menggigit seseorang dan menembus kulitnya," kata Biden kepada program ABC 'Good Morning America' yang disiarkan Rabu 17 Maret.

"Anda berbelok di tikungan dan ada dua orang yang tidak Anda kenal sama sekali dan mereka bergerak. Dan dia (Mayor) bergerak untuk melindungi," tambah Biden, mengacu pada Dinas Rahasia AS dan staf lain yang ditemui anjing German Shepherd miliknya di Gedung Putih.

Presiden Joe Biden mengadopsi Major pada 2018 dari Delaware Humane Society untuk bergabung dengan German Shepherd lain miliknya, Champ. Berbeda dengan Mayor, Champ sudah akrab dengan kehidupan Washington. Biden mendapatkan Champ pada tahun 2008, tahun dimana dia terpilih menjadi wakil presiden di bawah Presiden Barack Obama.

"Dia anjing yang manis. Delapan puluh lima persen orang di sana mencintainya. Yang dia lakukan hanyalah menjilat dan mengibas-ngibaskan ekornya," kata Biden, yang pindah ke Gedung Putih dengan dua anjingnya setelah dilantik pada 20 Januari lalu.