China Gelontorkan Dana 208,47 Miliar Dolar AS untuk Anggaran Pertahanan
Ilustrasi militer China. (Wikimedia Commons/Пресс-служба Президента России)

Bagikan:

JAKARTA - Pemerintah China telah mengumumkan besaran anggaran pertahanan untuk tahun 2021. Seperti tahun-tahun sebelumnya, anggaran pertahanan kembali mengalami kenaikkan kendati tidak signifikan.

Dalam pengumuman yang dikeluarkan Jumat 5 Maret waktu setempat, anggaran pertahanan China tahun ini naik sebesar 6,8 persen dari anggaran tahun lalu. Ini sejalan dengan penetapan target pertumbuhan ekonomi tahunan di kisaran 6 persen.

Total anggaran pertahanan yang disiapkan tahun ini mencapai 1,35 triliun yuan China, atau sekitar 208,47 miliar dolar Amerika Serikat. Tahun lalu, anggaran pertahanan China hanya sebesar 6,6 persen, paling rendah dalam tiga dekade terakhir karena dampak pandemi COVID-19.

Perdana Menteri China Li Keqiang dalam pidatonya di hadapan Badan Legisatif mengatakan, tahun ini pemerintah akan memperkuat angkatan bersenjata melalui reformasi, sains dan teknologi dan pelatihan personel.

"Kami akan meningkatkan pelatihan dan kesiapsiagaan militer secara menyeluruh, membuat rencana keseluruhan untuk menanggapi risiko keamanan di semua area dan untuk semua situasi. Meningkatkan kapasitas strategis militer untuk melindungi kedaulatan, keamanan dan kepentingan pembangunan negara kami," kata Li dalam terjemahan pemerintah atas ucapannya, melansir Reuters.

“Kita akan perbaiki tata letak Iptek dan industri terkait pertahanan, serta menyempurnakan sistem mobilisasi pertahanan,” tambahnya, tanpa merinci.

China secara rutin mengatakan, pengeluaran untuk tujuan pertahanan adalah persentase yang relatif rendah dari Produk Domestik Bruto (PDB)-nya. Sambil menyebut banyak kritikus berupaya 'menahan' (pembangunan postur pertahanan) Negeri Tirai Bambu, edngan menyebutnya sebagai ancaman perdamaian dunia. 

Anggaran hanya memberikan angka mentah untuk pengeluaran militer. Banyak diplomat dan pakar asing percaya bahwa negara tersebut tidak melaporkan jumlah sebenarnya.

Untuk diketahui, anggaran pertahanan yang dilaporkan China pada tahun 2021 adalah sekitar seperempat dari pengeluaran pertahanan Amerika Serikat (AS).

Pengeluaran pertahanan AS berjumlah 714 miliar dolar AS pada tahun fiskal 2020 dan diperkirakan akan meningkat menjadi 733 miliar dolar AS pada tahun fiskal 2021.