Keinginan Anies Banjir Jakarta Surut dalam 6 Jam Tak Terealisasi, Ini Penjelasan Pemprov
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (Humas Pemprov DKI)

Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah wilayah di Jakarta tergenang banjir sejak kemarin sampai saat ini. Kondisi ini berbeda dengan harapan Anies, di mana banjir dapat surut hingga enam jam.

Terkait terkait durasi penanganan genangan dan banjir di Jakarta, Plt Kepala Pelaksana BPBD DKI Sabdo Kurnianto mengaku pihaknya sudah berupaya menuntaskan genangan dan banjir dalam kurun waktu 6 jam. 

Namun, dia menegaskan, durasi 6 jam tersebut dihitung sejak hujan berhenti dan tidak ada lagi luapan Kali atau saluran.

"Mulai dihitungnya seperti itu, sejak tidak ada lagi luapan dan hujan juga sudah berhenti. Jika masih ada luapan dari Kali atau saluran, maka tidak bisa juga untuk mengaliri air," kata Sabdo dalam keterangannya, Jumat, 19 Februari. 

Sabdo mengatakan, Pemprov DKI Jakarta telah mengerahkan personel dengan menggunakan pompa mobile untuk mempercepat penyedotan air di kawasan pemukiman dan jalan raya yang terdampak genangan. 

"Pemantauan dan pengoperasian Pintu Air juga terus dilakukan untuk memastikan tidak ada hambatan dalam mengalirkan air," ujarnya.

Saat ini, BPBD DKI mencatat terdapat 99 RT di Jakarta yang terendam banjir hari ini. Rinciannya, ada 3 RT di Jakarta Barat dan 96 RT di Jakarta Timur.

Banjir di Jakarta Barat terjadi karena hujan lokal dan tidak ada warga yang mengungsi. Sementara, bannir di Jakarta Timur terjadi karena hujan serta luapan PHB Sulaiman dan Kali Sunter. Ada 694 orang yang masih mengungsi.

Untuk di Jakarta Timur, khususnya di RW 02 dan RW 03, Kelurahan Cipinang Melayu, BPBD sedang melakukan pemompaan di PHB Sulaiman dan Kalimalang. "Harapannya, dapat surut dalam beberapa jam ke depan,” ujar dia.

BACA JUGA:


Anies Baswedan sebelumnya menargetkan jajaran Pemprov DKI untuk mengedalikan dampak hujan harus bisa ditanggulangi dalam kurun waktu maksimal enam jam pascakejadian.

Hal ini disampaikan Anies dalam apel kesiapsiagaan menghadapi musim hujan di Jakarta dengan jajaran Pemprov DKI, TNI, Polri, dan stakeholder terkait di Dermaga JICT II, Jakarta Utara, pada Rabu, 4 November.

"Tanggung jawab kita menyiapkan seluruh kekuatan untuk bisa mengeringkan genangan dalam waktu kurang dari 6 jam. Bila curah hujan di bawah 100mm, seharusnya bisa terkelola dengan baik. Bila di atas 100mm, kita targetkan dalam waktu enam jam harus bisa menanggulangi genangan hingga surut," ujar Anies.