Puluhan Ikan Paus Terdampar di Perairan Modung Bangkalan Madura
Ikan paus terdampar di Modung Bangkalan Madura Jatim (ISTIMEWA)

Bagikan:

SURABAYA - Puluhan ekor paus terdampar di pesisir perairan Desa Paterman, Kecamatan Modung, Bangkalan Madura, Jawa Timur. Belum diketahui penyebab terdamparnya paus tersebut.

"Kemarin ada puluhan mas, 50 lebih kalau nggak salah. Tadi saya dan warga hitung tinggal 38 ekor, sisanya sudah kembali ke laut saat pasang," kata warga Desa Blega, Madura, Rois Alfarista dikonfirmasi, Jumat, 19 Februari.

Rois mengatakan kawanan paus tersebut diperkirakan mencapai 50 Ekor. Ukurannya beragam, mulai dari kecil, sedang, hingga berukuran besar. 

"Ukurannya ada yang kecil, ada yang sampai 5 meter. Tadi pagi sudah ada petugas dari BKSDA, sudah dievakuasi beberapa ekor," katanya.

Menurut Rois, penyebab kawanan paus itu terdampar lantaran terlalu lama berada di perairan dangkal saat pasang. Ketika air laut surut dan terseret arus, paus terdampar di bibir pantai.

Mengetahui hal itu, warga Kampung Baton, Desa Patereman, Kecamatan Modung, langsung mengabadikan momen sekawanan paus jenis tombak, yang menyasar perairan setempat dan mengunggahnya ke media sosial. 

Menurut Rois, masyarakat sekitar sempat berupaya mengembalikan mamalia yang tergolong dalam Subordo Paus Belin itu ke perairan yang lebih dalam. Namun, hal tersebut sia-sia lantaran ukuran dan bobot paus lebih besar, dibanding sekumpulan warga yang hendak mengevakuasinya.

"Sempat didorong ke tengah laut oleh warga dan dibantu aparat kepolisian dari Polsek Modung agar tidak terdampar," ujarnya.