Badai Salju Texas: Listrik Belum Pulih, Warga Kekurangan Air Bersih dan Makanan
Badai salju dan cuaca ekstrem terburuk dalam 30 tahun terakhir di Texas. (Twitter/@zanexdaniel)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur Texas Greg Abbot mengatakan semua pembangkit listrik di negara bagian Amerika Serikat tersebut telah kembali berfungsi. Namun, ratusan ribu rumah masih tanpa aliran listrik karena terputusnya jaringan kabel dan kendala lainnya akibat badai salju ekstrem.

Pernyataan tersebut dikeluarkan Abbot pada Kamis 18 Februari sore waktu setempat. Dalam kesempatan itu Abbot mengingatkan, jaringan listrik di Negara Bagian Texas masih belum stabil hingga beberapa hari ke depan, serta suaca ekstrem yang harus diperhatikan selama akhir pekan ini.

Sekitar 325.000 rumah tangga masih belum memiliki listrik, turun dari 2,7 juta pada hari Rabu, dan lebih dari 13 juta warga Texas mengalami gangguan pada layanan air mereka.

Operator energi dan para pemimpin negara bagian, termasuk Abbott, menghadapi kritik keras atas pemadaman yang berkepanjangan karena suhu beku yang dimulai empat hari lalu.

texas membeku
Texas membeku. (Twitter/@realCarrickRyan)

Abbott mengatakan, dia telah meminta legislator negara bagian untuk mendorong melalui undang-undang yang mengamanatkan bahwa, semua pabrik pembangkit energi di Texas 'membekukan' fasilitas mereka seperti yang dilakukan di negara bagian yang lebih dingin, dengan harapan bahwa kedinginan di masa depan tidak mengakibatkan kegagalan jaringan listrik.

"Apa yang terjadi minggu ini pada sesama warga Texas benar-benar tidak dapat diterima dan tidak akan pernah dapat ditiru lagi," kata Abbott pada konferensi pers sore, melansir Reuters. 

Gubernur mengecam Dewan Keandalan Listrik Texas (ERCOT), sebuah koperasi yang bertanggung jawab atas 90 persen listrik negara bagian, yang disebutkan telah memberitahu kesiapan menghadapi cuaca ekstrem.

Hakim Lina Hidalgo, pejabat tertinggi terpilih di Harris County, yang meliputi Houston, mengatakan dalam konferensi pers sore bahwa jumlah rumah tanpa listrik di daerahnya telah turun menjadi 20.000 dari 1,4 juta beberapa malam lalu.

texas membeku
Jaringan rel kereta juga diselimuti salju. (Twitter/@zanexdaniel)

"Lampunya mungkin menyala, tapi kita belum sepenuhnya keluar dari kegelapan, kita belum sepenuhnya keluar dari semua tantangan," kata Hidalgo. Kita belum menyelesaikan ini.

Dia memperingatkan penduduk Houston untuk bersiap menghadapi yang terburuk.

“Jaringannya masih rapuh. Akan lebih banyak cuaca dingin datang malam ini. Jadi itu akan memberi tekanan pada pembangkit listrik yang baru saja hidup kembali," kata Hidalgo.

Hidalgo mendorong sumbangan ke bank makanan, dengan beberapa warga berjuang untuk mendapatkan makanan dan air. Dia mencatat laporan dari pusat senior dan komunitas rentan lainnya yang kekurangan persediaan dasar.

Kurangnya listrik telah memutus pasokan air bagi jutaan orang, semakin membebani kemampuan rumah sakit untuk merawat pasien di tengah pandemi, dan komunitas rentan yang terisolasi dengan jalan beku yang masih tidak dapat dilalui di beberapa bagian negara bagian.

mobil membeku
Mobil membeku akibat cuaca ekstrem. (Twitter/@austin_laker)

Hingga Kamis sore, 797 sistem air publik melaporkan gangguan dalam layanan, mempengaruhi 13,2 juta orang, menurut Komisi Texas tentang Kualitas Lingkungan. Kebanyakan dari mereka yang terkena dampak telah diberitahu bahwa mereka perlu memasak air.

Sejauh ini diperkirakan ada 20 orang yang meninggal akibat cuaca ekstrem dan badai salju di Texas. Para pejabat mengatakan mereka curiga lebih banyak orang telah meninggal, tetapi tubuh mereka belum ditemukan.

Sebelumnya, Presiden AS Joe Biden telah menyatakan keadaan darurat terkait kondisi di Texas yang mengalami suhu terekstrem selama lebih dari 30 tahun terakhir, yakni mencapai -18 derajat celcius pada Hari Minggu lalu.