New York Dilanda Badai Salju Terburuk Dalam Beberapa Dekade, 25 Orang Tewas
Badai salju di New York, Amerika Serikat. (Twitter/@coolfm)

Bagikan:

JAKARTA - Badai salju dahsyat yang melumpuhkan New York bagian barat, Amerika Serikat selama akhir pekan Natal telah menewaskan sedikitnya 25 orang, kata pejabat daerah Erie pada Senin, ketika kru jalan dan utilitas menghadapi hari yang panjang untuk menggali wilayah yang tertutup salju di sekitar Buffalo.

Eksekutif Wilayah Erie Mark Poloncarz mengatakan kepada wartawan pada pengarahan Senin pagi, penghitungan kematian terkait badai di daerah itu telah bertambah 12 dalam semalam, dan termasuk kasus orang yang ditemukan di tumpukan salju, di mobil mereka atau yang meninggal karena serangan jantung.

Lebih banyak kematian telah dilaporkan, kata Poloncarz, tetapi pemeriksa medis daerah sedang mencoba untuk menentukan apakah mereka secara langsung disebabkan oleh cuaca.

"Kemungkinan masih ada kematian tambahan yang akan diumumkan hari ini," kata Poloncarz, melansir Reuters 26 Desember.

Badai salju, yang dianggap sebagai terburuk dalam 45 tahun, terjadi pada Jumat malam dan menghantam New York bagian barat selama liburan akhir pekan Natal. Itu menutup beku Arktik dan front badai musim dingin yang telah meluas ke sebagian besar Amerika Serikat selama berhari-hari, membentang sejauh selatan ke perbatasan Meksiko.

badai salju new york
Badai salju di New York. (Twitter/@dave_krugman)

Sedikitnya 55 orang tewas dalam insiden terkait cuaca di AS sejak akhir pekan lalu, menurut penghitungan NBC News.

Wilayah Buffalo yang lebih besar, di tepi Danau Erie dekat perbatasan Kanada, telah menjadi salah satu tempat yang paling terpukul.

Mobil dan bus terkubur di bawah tumpukan salju yang menjulang tinggi, dengan peralatan pengangkat tinggi digunakan untuk transportasi rumah sakit di mana ambulans tidak dapat melintas.

Salju setinggi satu kaki diperkirakan masih akan turun hingga Selasa di beberapa daerah di selatan Buffalo dan utara Syracuse.

Angin kencang dan salju "efek danau" - hasil kelembapan yang diambil oleh udara dingin yang bergerak di atas perairan danau yang lebih hangat, menghasilkan badai yang menurut Gubernur New York Kathy Hochul akan dicatat dalam sejarah sebagai "Blizzard of '22," peringkat yang terburuk sejak badai salju tahun 1977 menewaskan hampir 30 orang.

Sementara itu, ratusan pasukan Garda Nasional membantu petugas tanggap darurat setempat dan polisi negara bagian pada Hari Senin, ketika para kru menyelamatkan orang-orang yang terjebak di rumah dan mobil, melakukan pemeriksaan kesehatan dan mengirimkan makanan dan kebutuhan dasar.

Pekerja darurat telah berjuang untuk melewati tumpukan salju untuk melakukan pekerjaan mereka, dan banyak bajak salju, truk derek, ambulans hingga kendaraan darurat lainnya yang dikirim selama akhir pekan harus diselamatkan sendiri setelah terjebak di salju, kata pejabat daerah.

Poloncarz mengatakan, dia mengharapkan Gedung Putih mengeluarkan deklarasi bencana pada Hari Senin, yang akan membantu kawasan itu menutupi biaya penyelamatan dan pemulihan badai yang menakutkan.

Ditambahkannya, ribuan orang di Erie County telah mendapatkan listrik pada Senin pagi, sementara sekitar 13.000 pelanggan masih tanpa listrik di seluruh negara bagian, menurut poweroutage.us.

Sementara, larangan mengemudi masih berlaku di Buffalo pada Hari Senin, untuk tujuan keamanan dan untuk menjaga jalan tetap bersih bagi pekerja darurat dan utilitas.