Bagikan:

JAKARTA - Wali Kota New York Eric Adams pada Hari Senin menunjuk pelaksana tugas kepala polisi Edward Caban, sebagai komisaris polisi Hispanik pertama di kota tersebut dalam 178 tahun sejarahnya, memimpin departemen kepolisian terbesar di Amerika Serikat.

Wali Kota Adams yang juga mantan kapten polisi New York City memperkenalkan Caban (55), dalam sebuah konferensi pers, mengatakan pria itu telah berperan penting dalam upaya kepolisian setempat menekan kejahatan usai pandemi COVID-19.

"Komisaris Caban benar-benar salah satu yang terbaik di New York, seorang pemimpin yang memahami pentingnya keamanan dan keadilan," kata Wali Kota Adams, seraya mencatat kejahatan besar menurun di seluruh kota pada musim panas ini, melansir Reuters 18 Juli.

Jumlah kejahatan menurun di New York City selama tiga bulan terakhir, termasuk penurunan penembakan sebesar 17 persen dan penurunan pembunuhan sebesar 3 persen pada Bulan Juni dibandingkan dengan bulan yang sama pada tahun 2022, menurut data kepolisian.

"Ini akan menjadi salah satu momen paling penting dan emosional bagi saya," ungkap Wali Kota Adams tentang promosi komisaris keturunan Puerto Rico tersebut, seperti dikutip dari New York Post.

Caban menggantikan Keechant Sewell, wanita pertama yang memimpin kepolisian tersebut dan menjabat selama 18 bulan.

Diketahui, Caban memulai karir kepolisiannya pada tahun 1991 sebagai petugas patroli di Bronx Selatan. Pada tahun 1994, dia dipromosikan menjadi sersan dan kemudian letnan pada tahun 1999.

Ia berasal dari keluarga kepolisian, dengan ayahnya merupakan mantan detektif di New York, sedangkan tiga saudara laki-lakinya juga bergabung dengan kepolisian.

Caban akan memimpin lebih dari 33.500 polisi di lima wilayah, dengan data terbaru menunjukkan 31 persen anggota NYPD diidentifikasi sebagai orang Latin.

"Tidaklah mengherankan jika pengumuman hari ini merupakan yang pertama. Mengingat banyaknya pemimpin hebat keturunan Hispanik yang telah mendahului saya di NYPD, menjadi komisaris polisi Hispanik pertama adalah sebuah kehormatan yang sangat besar," ujar Caban dengan penuh kebanggaan di samping tokoh-tokoh Latin terkemuka lainnya, termasuk Jaksa Wilayah Brooklyn Eric Gonzalez, jaksa wilayah Latin pertama yang terpilih pada tahun 2017.

Sebelum pengumuman resmi, sebuah sumber mengatakan Wali Kota Adams lebih memilih seorang Latin atau Hispanik untuk menggantikan Komisaris Keechant Sewell, sejalan dengan tujuannya untuk meningkatkan keragaman dalam pemerintahannya.