Kerahkan 100.000 Tentara dan 900 Tank, Rusia Coba Terobos Pertahanan Ukraina di Wilayah Timur
Ilustrasi militer Ukraina. (Wikimedia Commons/Ministry of Defense of Ukraine)

Bagikan:

JAKARTA - Pejabat Ukraina mengatakan kelompok besar pasukan Rusia melakukan serangan di sektor Kupiansk Ukraina timur laut, terlibat dalam pertempuran sengit.

Militer Ukraina melancarkan serangan balasan di timur dan selatan beberapa minggu lalu. Namun para pejabat menunjuk pada intensifikasi aktivitas Rusia di dekat Kupiansk dan Lyman di dekatnya, kota-kota di timur laut yang direbut kembali oleh Ukraina akhir tahun lalu.

Pejabat pertahanan Ukraina mengatakan, sekelompok besar personel Rusia sekarang mencoba menerobos garis pertahanan Ukraina di daerah tersebut.

"Selama dua hari berturut-turut, musuh secara aktif melakukan ofensif di sektor Kupiansk di wilayah Kharkiv," tulis Wakil Menteri Pertahanan Hanna Maliar di Telegram, dilansir dari Reuters 18 Juli.

"Kami bertahan. Pertarungan sengit sedang terjadi dan posisi kedua belah pihak berubah secara dinamis beberapa kali sehari," lanjutnya.

Sementara itu, Serhiy Cherevatyi, juru bicara kelompok pasukan Ukraina timur, mengatakan militer Rusia telah mengumpulkan lebih dari 100.000 tentara dan lebih dari 900 tank di daerah tersebut.

Angka ini, katanya kepada televisi nasional, dibandingkan dengan jumlah pasukan Uni Soviet ketika perang di Afghanistan mencapai puncak tahun 1979-1989, yang berkisar 120.000 orang.

Sebelumnya, Kyrylo Budanov, kepala intelijen Ukraina, memperkirakan pada Mei bahwa 370.000 tentara Rusia berada di dalam Ukraina.

Pasukan Rusia di daerah itu, kata Cherevatyi, telah menyusun unit lintas udara dan unit infanteri bermotor terbaik mereka.

"Musuh sedang memusatkan segalanya untuk menerobos pertahanan pasukan Ukraina," jelasnya.

"Tentara kami memegang pertahanan mereka, mencegah musuh mengambil inisiatif sepenuhnya dan mereka terus melancarkan serangan balik," tambah Cherevatyi.

Terpisah, catatan Kementerian Pertahanan Rusia tentang pertempuran di wilayah tersebut mengatakan, pasukan Rusia telah menyerang posisi Ukraina di beberapa kota di Kharkiv dan wilayah tetangga Luhansk.

Pasukan Rusia, kata kementerian, juga telah memukul mundur 13 serangan Ukraina lebih jauh ke selatan di Donetsk, termasuk daerah dekat Kota Bakhmut yang hancur, yang direbut oleh pasukan Rusia pada Mei setelah pertempuran berbulan-bulan.

Terpisah di selatan, di mana pasukan Ukraina memusatkan perhatian untuk menangkap sekelompok desa yang dikuasai Rusia, Wakil Menteri Pertahanan Maliar mengatakan pasukan Ukraina melanjutkan gerak maju mereka untuk mencapai pelabuhan di Laut Azov.