Digelar di AS, Kanada, dan Meksiko, Ini 16 Kota yang akan Menggelar Pertandingan 48 Tim di Piala Dunia 2026
Piala Dunia 2026 (tangkapan layar)

Bagikan:

JAKARTA – FIFA resmi mengumumkan 16 kota untuk pertandingan Piala Dunia 2026. Kota-kota itu terbesar di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko, yang menjadi negara tuan rumah bersama.

Enam belas kota tuan rumah itu adalah Atlanta, Boston, Dallas, Guadalajara, Houston, Kansas City, Los Angeles, Mexico City, Miami, Monterrey, New York/New Jersey, Philadelphia, San Francisco, Seattle, Toronto, dan Vancouver.

”Kami mengucapkan selamat kepada 16 kota tuan rumah Piala Dunia FIFA atas komitmen dan semangat mereka yang luar biasa,” kata Presiden FIFA Gianni Infantino dalam siaran pers yang dikutip Jumat.

Piala Dunia 2026 akan menjadi edisi pertama yang diikuti oleh 48 negara. Selain itu, edisi ini juga merupakan pertama kalinya dalam sejarah pertandingan akan dimainkan di tiga negara

Amerika Serikat untuk kedua kalinya menjadi tuan rumah Piala Dunia setelah yang pertama pada tahun 1994. Sementara itu, Meksiko membuat rekor dengan menjadi tuan rumah untuk ketiga kalinya setelah tahun 1970 dan 1986.

Adapun bagi Kanada ini bakal menjadi sejarah buat mereka. Mereka belum pernah menjadi tuan rumah Piala Dunia, kecuali menjadi tuan rumah Piala Dunia Wanita FIFA pada tahun 2015 lalu.

”Kami berharap dapat bekerja sama dengan mereka untuk memberikan apa yang akan menjadi Piala Dunia FIFA yang belum pernah terjadi sebelumnya dan pengubah permainan saat kami berusaha membuat sepak bola benar-benar mendunia,” kata Infantino.

Meski sudah mengumumkan 16 kota itu, FIFA belum merinci kota-kota mana saja yang bakal menggelar pertandingan-pertandingan penyisihan grup, knock out, pembukaan, dan partai final.