Rencana Baru FIFA untuk Piala Dunia 2026, Tambah Jumlah Peserta dengan Total 104 Pertandingan
Ilustrasi (Instagram.com/@FIFAƅ)

Bagikan:

JAKARTA - Pada Piala Dunia 2026, FIFA memiliki rencana baru dengan menambah negara peserta yang otomatis menambah jumlah pertandingan.

Dikutip dari Marca pada Minggu, 4 Desember, Piala Dunia 2026 akan digelar dengan lebih dari satu tuan rumah. Untuk pertama kalinya, turnamen akbar empat tahunan ini menunjuk tiga negara sekaligus yaitu, Kanada, Amerika Serikat dan Meksiko.

Meski berlangsung tiga setengah tahun lagi, tapi FIFA berencana menambah pertandingan menjadi lebih besar dan menghasilkan lebih banyak keuntungan. Mereka akan menambah jumlah peserta menjadi 48 negara dengan format 104 pertandingan.

Saat ini, 32 tim peserta dibagi menjadi 8 grup yang masing-masing berisi 4 tim, di mana peringkat pertama dan kedua masing-masing grup melaju ke babak 16 besar.

Tapi, dengan format baru yang diusung, nantinya FIFA akan menghadirkan 16 grup yang masing-masing terdiri dari tiga tim negara. Untuk fase grup yang sangat panjang terdiri dari 12 sektor dengan masing-masing empat tim yang akan menentukan siapa yang maju ke babak 32 tim untuk memulai fase sistem gugur.

Rencana itu membuat Piala Dunia 2026 memiliki total 104 pertandingan. Jumlah itu 40 laga lebih banyak dari yang dijadwalkan untuk Qatar 2022, termasuk Penyisihan Grup dan Kualifikasi.

Dengan format anyar itu, FIFA telah mempertimbangkan bahwa jika terjadi seri di babak penyisihan grup, pertandingan akan ditentukan dalam adu penalti untuk menentukan pemenang. Jumlah kartu atau bahkan hasil undian juga dapat menentukan tiket ke putaran kedua.

Untuk perolehan poin, tim yang menang di waktu reguler akan dapat tiga poin. Sementara yang menang lewat adu penalti setelah seri akan dapat dua poin dan yang kalah dalam adu penalti akan dapat satu poin.

Piala Dunia berikutnya akan memberikan 16 tiket lolos lebih banyak daripada yang diberikan saat ini. CONCACAF adalah konfederasi yang paling banyak dapat keuntungan.

Selain otomatis mengantongi tiga tiket untuk lolos dengan status tuan rumah, mereka juga memiliki tiga slot kualifikasi lainnya.

Berikut pembagian berdasarkan konfederasi:

  • UEFA: akan menaikkan jumlah tiket yang tersedia dari 13 menjadi 16.
  • CAF (Afrika): sembilan tiket langsung dan tiket tambahan untuk dimainkan melalui play-off.
  • CAF (Asia): akan memiliki 8 tiket langsung
  • Conmebol: Enam tiket langsung dan tambahan tiket untuk dimainkan melalui Play-off
  • CONCACAF: Tiga tiket langsung (untuk status tuan rumah) dan kuota tambahan melalui Play-off.
  • OFC (Oseania): Untuk pertama kalinya dalam sejarah, akan ada satu tiket langsung dan tiket tambahan melalui Play-off.