Piala Dunia 2022: Gasak Amerika Serikat, Belanda Menunggu Pemenang Laga Argentina Vs Australia
Timnas Belanda meraih kemenangan atas Amerika Serikat di babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar. (Foto: Twitter/@OnsOranje)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Belanda melangkah ke babak perempat final Piala Dunia 2022 Qatar setelah menggasak Amerika Serikat dengan skor 3-1 di Khalifa International Stadium, Sabtu, 3 Desember 2022. Peluang bertemu Argentina pun kini terbuka.

Denzel Dumfries layak dinobatkan sebagai bintang lapangan dalam pertandingan ini. Pemain Inter Milan itu mencetak satu gol dan membuat dua assist. Dia juga mampu menjaga sisi kanan pertahanan De Oranje dengan luar biasa.

Amerika sebenarnya bermain cukup baik. The Yanks sudah punya peluang emas pada menit ke-3 lewat kaki Christian Pulisic. Lolos dari jebakan offside, pemain Chelsea itu tinggal berhadapan dengan kiper Belanda, Andries Noppert.

Namun, sontekan bola yang dilepaskan Pulisic belum berbuah gol pertama. Noppert masih sigap menghalau bola dengan kakinya.

Gol pembuka justru dicetak Belanda pada menit ke-10. Berawal dari umpan dari Dumfries, bola kemudian dieksekusi dengan sempurna oleh Memphis Depay.

Delapan menit berselang, Cody Gakpo membuka kesempatan buat Daley Blind. Dia menusuk ke pertahanan Amerika dan kemudian memberikan bola untuk dituntaskan Blind.

Sayang, tembakan pemain senior yang pernah membela Manchester United itu tak menemui sasaran alias melambung jauh dari gawang.

Amerika yang tertinggal, mencoba bangkit. Tim asuhan Gregg Berhalter kemudian unggul dalam penguasaan bola dan beberapa kali melayangkan ancaman. 

Namun, pertahanan Belanda tampil begitu disiplin. Beberapa kali peluang The Yanks mentah.

Ironis bagi Amerika, gawang mereka justru kebobolan lagi. Gol kedua Belanda lahir dari kaki Blind jelang bubaran turun minum. Skor 2-0 untuk De Oranje menutup babak pertama.

Babak kedua hampir berjalan sama. Permainan menarik disajikan kedua tim.

Pada menit ke-75, Depay nyaris berbuat blunder. Bola yang ingin dia berikan kepada pemain belakang Belanda justru jatuh kepada Haji Wright.

Beruntung bagi Depay dan Belanda, bola yang dilepaskan pemain pengganti Amerika itu masih bisa dihalau.

Satu menit berselang, Wright benar-benar mencatatkan namanya di papan skor. Berawal dari umpan Serginho Dest kepada Pulisic, bola kemudian diteruskan ke depan gawang Belanda.

Meski mendapat pengawalan ketat, Wright masih mampu menyontek bola masuk ke gawang Noppert. Skor pun berubah 2-1.

Sayang, kedudukan itu tak berlangsung lama. Belanda kembali unggul dengan selisih dua gol pada menit ke-81 berkat sontekan kaki kiri Dumfries yang menerima umpan dari Blind.

Tak ada gol tambahan yang tercipta. Skor 3-1 pun bertahan hingga akhir pertandingan dan mengantarkan Belanda ke babak berikutnya.

Pada babak perempat final, Belanda berpeluang bertemu dengan Argentina. Laga panas itu bisa tersaji jika Argentina mampu mengalahkan Australia di Ahmed bin Ali Stadium, Minggu, 4 Desember dini hari, pukul 02.00 WIB nanti.

Susunan pemain:

Belanda (3-4-1-2): Andries Noppert (GK); Jurrien Timber, Virgil van Dijk (C), Nathan Ake; Denzel Dumfries, Marten de Roon, Frenkie de Jong, Daley Blind; Davy Klaassen; Cody Gakpo, Memphis Depay.

Amerika Serikat (4-3-3): Matt Turner; Sergino Dest, Walker Zimmerman, Tim Ream, Antonee Robinson; Tyler Adams, Weston McKennie, Yunus Musah; Tim Weah, Jesus Ferreira, Christian Pulisic.