Piala Dunia Grup H: Dramatis! Korea Melangkah ke 16 Besar Setelah Mengalahkan Portugal, Uruguay Dibuat Gigit Jari
Korea Selatan lolos ke 16 besar setelah mengalahkan Portugal di pertandingan terakhir penyisihan Grup H Piala Dunia 2022 Qatar. (Foto: Twitter/@theKFA)

Bagikan:

JAKARTA - Drama terjadi di laga terakhir penyisihan Grup H Piala Dunia 2022, Jumat, 2 Desember malam. Korea Selatan merebut tiket ke babak 16 besar di penghujung pertandingan lawan Portugal.

Gol yang tercipta pada menit ke-91 membuat Korea mengalahkan Portugal dengan skor tipis 2-1. Hasil itu sudah cukup mengantarkan mereka ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 menemani Portugal.

Sementara itu, kemenangan Korea menjadi berita buruk buat Uruguay. Meski menang 2-0 atas Ghana di laga terakhir, Luis Suarez dan kawan kawan tetap tersingkir karena kalah produktivitas gol.

Korea Selatan Vs Portugal

Pertandingan berjalan seru di babak pertama. Kedua tim menampilkan permainan terbuka.

Portugal unggul lebih dulu pada menit ke-5 lewat Ricardo Horta yang memanfaatkan umpan tarik dari Diogo Dalot.

Korea sempat membalas, tapi dianulir wasit karena sudah lebih dulu terjadi offside. Namun, Taeguk Warriors akhirnya mencetak gol penyama kedudukan pada menit ke-27 lewat aksi Kim Young-gwon.

Portugal kemudian terus menekan pertahanan Korea dan menciptakan beberapa peluang. Namun, hingga turun minum, tak ada gol tambahan yang tercipta.

Pada babak kedua, Korea lebih bermain sabar dan menunggu momen serangan balik. Beberapa kali Son Heung-min dan kawan kawan mendapatkan kesempatan.

Peluang untuk Korea datang dari aksi Son dan Hwang In-beom. Namun, bola hasil tendangan keduanya berhasil diamankan kiper Diogo Costa.

Korea tak berhenti berupaya. Hasilnya, gol yang dinanti-nanti tercipta di meit tambahan babak kedua.

Pemain pengganti, Hwang Hee-chan, membobol gawang Portugal usai menerima umpan dari Son. Skor pun berubah 2-1 dan bertahan hingga akhir laga.

Ghana Vs Uruguay

Ghana tampil lebih baik di awal babak pertama. Jordan Ayew dan kawan kawan pun unggul penguasaan bola.

Ghana mendapat keuntungan pada menit ke-20. Wasit memberikan hadiah penalti. Sayang, Andre Ayew gagal menunaikan tigasnya dengan baik

Terus menekan pertahanan Uruguay, gawang Ghana justru kebobolan. Adalah Giorgian de Arrascaeta yang membuat pendukung Ghana terdiam.

Bukan hanya sekali, dua kali dia membobol gawang Ghana yang dikawal Lawrence Ati Zigi. Dua gol itu tercipta dalam kurung waktu enam menit saja, yakni pada menit ke-26 dan 32. Skor 2-0 untuk Uruguay bertahan hingga jeda.

Pelatih Ghana melakukan perubahan. Ayew bersaudara ditarik keluar dan digantikan Kamal-Deen Sulemana dan Osman Bukari.

Hasilnya, permainan The Black Stars terlihat lebih hidup. Namun, tetap sulit menembus pertahanan Uruguay yang dikomandoi Diego Godin.

Sementara Uruguay sempat mengancam gawang lawan, tapi tak mampu menambah keunggulan. Kemenangan 2-0 pun jadi milik Uruguay.

Klasemen akhir Grup H

  1. Portugal 6 poin
  2. Korea Selatan 4 poin
  3. Uruguay 4 poin
  4. Ghana 3 poin