Hasil Pahit Timnas Jerman Tersingkir dari Piala Dunia 2022 Setelah Menang 4-2 atas Kosta Rika
Pemain timnas Jerman, Thomas Muller (kanan). (Foto: Twitter/@FIFAWorldCup)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Jerman harus menelan pil pahit. Digadang-gadang jadi kandidat juara, Der Panzer justru tersingkir lebih awal.

Ini merupakan kegagalan kedua beruntun Jerman lolos dari fase grup Piala Dunia. Sebelumnya, mereka juga gagal ke 16 besar Piala Dunia 2018 Rusia.

Namun, kegagalan di Qatar terasa lebih menyakitkan. Thomas Muller menilai, timnya sudah melakukan hal yang pantas untuk bisa melangkah ke babak berikutnya.

Dia pun menyebut kegagalan ini "benar-benar sebuah bencana" untuk timnya.

"Ini sangat pahit bagi kami karena hasil ini seharusnya cukup. Ini adalah perasaan ketidakberdayaan," kata Mueller dikutip Antara via AFP, Jumat, 2 Desember.

Sementara bagi Joshua Kimmich, tersingkirnya Jerman merupakan hari terburuk dalam kariernya. Dia merasa takut, kegagalan ini turut mengganggu pribadinya. 

“Ini jelas merupakan hari tersulit dalam karir saya. Kali kedua tersingkir di Piala Dunia, di antaranya kami menjalani Euro, di mana kami tersingkir lebih awal," tutur Kimmich.

"Itu pahit dan ada banyak peluang yang terlewatkan dalam empat tahun terakhir," lanjutnya.

Jerman sebenarnya menutup babak penyisihan grup dengan mengalahkan Kosta Rika. Tak tanggung-tanggung, Der Panzer menang dengan skor telak 4-2.

Namun hasil itu ternyata belum cukup untuk mengantarkan mereka ke babak berikutnya. Pasalnya pada waktu yang bersamaan, Spanyol kalah 1-2 di tangan Jepang.

Hasil ini menempatkan Jepang dan Spanyol sebagai perwakilan dari Grup E. Sementara Jerman harus puas hanya berada di posisi ketiga meski punya poin yang sama dengan Spanyol karena kalah selisih gol.