Piala Dunia 2022 Grup E: Samurai Biru Tebas Matador tapi Sama-Sama Lolos ke 16 Besar
Ritsu Doan mencetak gol penyama kedudukan untuk Jepang ke gawang Spanyol (Twitter @fifaworldcup)

Bagikan:

JAKARTA - Pertandingan penentu Grup E Piala Dunia 2022 pada Jumat dini hari WIB antara Jepang vs Spanyol dimenangkan Samurai Biru dengan skor 2-1. Sementara Jerman mengalahkan Kosta Rika 4-2 tapi gagal lolos ke babak knockout.

Dengan hasil ini, Jepang dan Spanyol sama-sama melaju ke 16 besar.

Jepang Vs Spanyol

Alvaro Morata memimpin susunan sebelas pemain pertama Spanyol yang sudah banyak dirombak melawan Jepang yang sama-sama berusaha memastikan kualifikasi ke babak 16 besar Piala Dunia 2022, dalam pertandingan terakhir Grup E.

Satu poin sudah cukup bagi juara Piala Dunia 2010 itu untuk lolos ke 16 besar.

Morata menggantikan Marco Asensio di lini depan, setelah mencetak gol ke gawang Jerman dan Kosta Rika sebagai pemain pengganti.

Spanyol juga memasukkan bek kiri Alejandro Balde untuk debut internasional penuhnya. Demikian juga pemain sayap Nico Williams, sebaliknya Jordi Alba dan Ferran Torres dari bangku cadangan.

Jepang yang diharuskan menang untuk maju ke babak knockout juga membuat lima perubahan dari tim yang menyerah 0-1 kepada Kosta Rika.

Junya Ito, Takefusa Kubo, striker Daizen Maeda dan gelandang Ao Tanaka semua kembali ke sebelas pemain pertama , sementara Shogo Taniguchi menggantikan Miki Yamane di bek kanan. Gelandang Wataru Endo absen karena cedera.

Bermain di Khalifa International Stadium, Tim Matador memimpin cepat lewat gol striker Atletico Madrid, Alvaro Morata pada menit 12. Namun, mampu disamakan Samurai Biru melalui Ritsu Doan saat babak kedua baru berjalan tiga menit.

Anak asuhan pelatih Hajime Moriyasu bahkan membalikkan keunggulan lewat Ao Tanaka hanya berselang tiga menit. Skor 2-1, membawa Jepang lolos ke 16 besar dengan status juara Grup E.

Susunan pemain

Jepang (3-4-3): Shuichi Gonda; Shogo Taniguchi, Kou Itakura, Maya Yoshida (kapten); Junya Ito, Hidemasa Morita, Ao Tanaka, Yuto Nagatomo; Daichi Kamada, Daizen Maeda, Takefusa Kubo.

Spanyol (4-3-3): Unai Simon; Alejandro Balde, Rodri Hernandez, Pau Torres, Cesar Azpilicueta; Pedri, Sergio Busquets (kapten), Gavi; Dani Olmo, Alvaro Morata, Nico Williams.

Kosta Rika Vs Jerman

Striker Jerman Niclas Fuellkrug tidak dipasang oleh pelatih Hansi Flick pada starter XI mereka untuk laga penentuan melawan Kosta Rika meski ia mencetak gol penyama kedudukan ketika melawan Spanyol.

Flick membuat satu perubahan pada susunan pemainnya, dengan memasang Leroy Sane menggantikan bek kanan Thilo Kehrer.

Joshua Kimmich mengawal posisi bek kanan, sedangkan Sane memperkuat empat pemain di lini serang Jerman.

Sane, yang melewatkan laga melawan Jepang karena cedera lutut dan baru dimainkan dari bangku cadangan saat melawan Spanyol, akan menjalani pertandingan ke-50 membela Jerman.

Sementara itu, pelatih Kosta Rika Fernando Suarez membuat tiga pergantian. Bek Francisco Calvo melewatkan pertandingan malam ini karena akumulasi kartu kuning menyusul hasil kemenangan 1-0 melawan Jepang dan digantikan oleh Juan Pablo Vargas.

Pemain tengah Brandon Aguilera dan penyerang Johan Venegas menggantikan Gerson Torres dan Anthony Contreras.

Pertandingan kali ini akan dipimpin oleh Stephanie Frappart asal Prancis, yang membuat sejarah sebagai perempuan pertama yang menjadi wasit pertandingan Piala Dunia putra.

Kedua tim memiliki tiga pemain yang mengantongi kartu kuning. Kimmich, Leon Goretzka dan Kehrer mendapat kartu saat melawan Spanyol, sedangkan kubu Kosta Rika mendapati Joel Campbell, Contreras dan Borges dikartu saat melawan Jepang.

Dalam laga yang berlangsung di Stadion Al Bayt, Jerman unggul lebih dulu melalui Serge Gnabry pada menit 10 babak pertama. Lantas, disamakan oleh Yeltsin Tejeda saat babak kedua berjalan tujuh menit.

Kedua tim mencoba untuk mencari gol kemenangan dengan melakukan serangan demi serangan. Hasilnya, Los Ticos berbalik unggul melalui gol Juan Pablo Vargas pada menit 70. Tak ingin dipermalukan, Der Panzer cepat membalas lewat tendangan kaki kanan Kai Havert dari dalam kotak penalti tiga menit kemudian.

Penyerang Chelsea itu mencetak gol keduanya pada menit 85 dan Niclas Fullkrug menggenapkan kemenangan Jerman menjadi 4-2 pada menit 89. Meski demikian, hasil ini belum cukup untuk menggeser Spanyol dari posisi kedua Grup E karena Manuel Neuer dkk kalah selisih gol.

Susunan pemain

Jerman (4-2-4): Manuel Neuer (kapten); Joshua Kimmich, Niklas Suele, Antonio Ruediger, David Raum; Ilkay Gundogan, Leon Goretzka; Leroy Sane, Thomas Mueller, Serge Gnabry, Jamal Musiala.

Kosta Rika (5-2-3): Keylor Navas (kapten); Keysher Fuller, Oscar Duarte, Juan Pablo Vargas, Bryan Oviedo, Kendall Waston; Celso Borges, Yeltsin Tejeda; Brandon Aguilera, Joel Campbell, Johan Venegas.

Dengan hasil ini, Jepang berhak memimpin Grup E dengan 6 poin, disusul Spanyol dengan 4 Poin. Di babak 16 besar, Samurai Biru akan menghadapi Kroasi, Spanyol meladeni Maroko.

Klasemen akhir Grup E Piala Dunia 2022:
1. Jepang 6
2. Spanyol 4
3. Jerman 4
4. Kosta Rika 3