Piala Dunia 2022 Grup D: Kemenangan Tunisia atas Prancis Berakhir Sia-sia, Tiket 16 Besar Akhirnya Direbut Australia
Tunisia mengalahkan Prancis pada pertandingan terakhir penyisihan Grup D Piala Dunia 2022 Qatar. (Foto: Twitter/@FIFAWorldCup)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Tunisia membuat kejutan di laga terakhir penyisihan Grup D Piala Dunia 2022 Qatar, Rabu, 30 November malam. Mereka berhasil menumbangkan Prancis dengan skor tipis.

Sayang, kemenangan itu tak berarti apa-apa. Tunisia tetap gagal menemani Les Bleus lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Pasalnya, pada waktu yang bersamaan, Australia juga meraih kemenangan atas Denmark. Socceroos pun melaju ke fase knockout setelah mengoleksi enam poin.

Tunisia harus puas di posisi ketiga dengan empat poin. Sedangkan Denmark ada di posisi buncit dengan koleksi satu poin saja.

Prancis vs Tunisia

Sudah memastikan lolos ke 16 besar, Prancis menurunkan skuad lapis kedua. Pelatih Didier Deschamps memberikan kesempatan bermain kepada sejumlah penggawa yang sebelumnya duduk di bangku cadangan.

Hal ini membuat Tunisia kian berani tampil menyerang. Bahkan Prancis dibuat lebih banyak bertahan.

Tunisia akhirnya memecah kebuntuan pada menit ke-58. Wahbi Khazri mencatatkan namanya di papan skor setelah membobol gawang Prancis yang dikawal Steve Mandanda dengan sepakan kaki kirinya.

Tertinggal satu gol, Prancis mencoba bangkit. Sejumlah pemain pilar pun akhirnya dimainkan, termasuk Ousmane Dembele dan Kylian Mbappe.

Beberapa kesempatan emas diraih Les Bleus. Sayangnya, tak ada satupun yang dikonversikan menjadi gol penyama kedudukan.

Antoine Griezmann sempat membobol gawang Tunisia pada menit tambahan babak kedua, tapi dianulir setelah wasit melihat tayangan VAR. Skor akhir tetap 1-0 untuk Tunisia.

 

Australia vs Denmark

Australia menghadapi laga ini dengan modal besar, yakni keunggulan dua poin atas Denmark dan juga Tunisia.

Denmark yang mengejar kemenangan, tampil menekan sejak awal laga. Christian Eriksen dan kawan kawan bermain dominan dengan keunggulan penguasaan bola di babak pertama.

Perlahan, Australia mampu keluar dari tekanan, meskipun masih kalah dalam penguasaan bola. Beberapa kali pasukan Socceroos melayangkan ancaman. 

Upaya Australia akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-60. Menerima umpan Riley McGree, Mathew Leckie membawa timnya unggul 1-0.

Satu gol ini sudah cukup untuk Australia untuk memenangi pertandingan. Selain itu, mereka juga berhak melangkah ke babak berikutnya.

Klasemen akhir Grup D Piala Dunia 2022:

  1. Prancis 6 poin
  2. Australia 6 poin
  3. Tunisia 4 poin
  4. Denmark 1 poin