Fase Grup Rampung, Berikut Daftar Negara yang Lolos Babak 16 Besar Piala Afrika 2021
Ilustrasi Piala Afrika 2022 (Twitter.com/@CAF_Online)

Bagikan:

JAKARTA - Laga terakhir fase grup di kompetisi Piala Afrika 2021 telah dirampungkan seluruhnya pada Kamis, 20 Januari. Dari laga terakhir tersebut kemudian didapatkan hasil negara-negara yang berhak melaju ke babak 16 besar.

Empat pertandingan di Grup E dan Grup F membuahkan hasil berupa enam negara yang sukses meraih tiket ke fase knock out.

Dalam pertandingan antara Pantai Gading kontra Aljazair yang berakhir imbang, pasukan Les Elephants otomatis menjadi juara Grup E dan menggaransi mereka melaju ke babak 16 besar.

Sementara Aljazair yang punya label juara bertahan harus rela kehilangan gelar lantaran gagal tidak lolos fase grup. Riyad Mahrez dan kawan-kawan bahkan hanya menduduki posisi juru kunci di Grup E.

Masih dari Grup E. Ada juga Guinea Khatulistiwa yang bakal jadi pendamping Pantai Gading ke babak 16 besar. Kemenangan 1-0 atas Sierra Leone pada partai terakhir membuat mereka memastikan tiket lanjutan dengan tenang.

Bergeser ke Grup F, ada Mali selaku juara grup yang jelas melaju ke babak 16 besar Piala Afrika. Hasil itu diraih setelah mengamankan kemenangan 2-0 atas Mauritania.

Pendamping Mali dari Grup F untuk melaju ke babak 16 besar adalah Gambia. Dengan status runner up setelah menang 1-0 atas Tunisia, Gambia punya satu tempat di babak lanjutan.

Menariknya, meski di laga pamungkas Tunisia tunduk dari Gambia, tapi mereka tetap dapat slot di babak 16 besar. Pasalnya, mereka masuk dalam kategori peringkat tiga terbaik. Begitu juga dengan Comoros yang berasal dari Grup C.

Sebelum enam negara tersebut meraih tiket ke babak-16 besar Piala Afrika 2022, Kamerun, Burkina Faso, Tanjung Verde, Senegal, Guinea, Malawi, Maroko, Gabon, Nigeria, dan Mesir sudah lebih dulu mengamankan posisi.

Pertandingan babak 16 besar Piala Afrika 2022 sendiri baru akan berlangsung pada Minggu, 23 Januari mendatang. Laga perdana akan dibuka oleh duel Burkina Faso vs Gabon di fase knock out, selanjutnya akan tersaji duel antara Nigeria vs Tunisia.

Berikut adalah daftar negara yang lolos ke babak 16 besar Piala Afrika 2022.

Grup A: Kamerun, Burkina Faso, Cape Verde

Grup B: Senegal, Guinea, Malawi

Grup C: Maroko, Gabon, Comoros

Grup D: Nigeria, Mesir

Grup E: Pantai Gading, Guinea Khatulistiwa

Grup F: Mali, Gambia, Tunisia