Patut Dipuji, Suporter Jepang Rela Menunda Merayakan Kemenangan atas Jerman demi Membersihkan Sampah
Suporter timnas Jepang. (Foto: Twitter/@FIFAWorldCup)

Bagikan:

JAKARTA - Suporter timnas Jepang kembali menunjukkan sikap terpuji mereka. Mereka rela menunda merayakan kemenangan bersejarah Jepang atas Jerman demi bersih-bersih sampah di tribun penonton.

Jepang membuat comeback sensasional untuk memetik kemenangan pertama atas Jerman di Stadion Khalifa, Rabu, 23 November malam. Samurai Biru tertinggal lebih dulu melalui penalti Ilkay Gundogan di babak pertama sebelum membalas dua gol lewat Ritsu Doan dan Takuma Asano di paruh kedua laga.

Meskipun mengalahkan juara dunia empat kali, sejumlah pendukung Samurai Biru tak langsung beruforia. Mereka lebih dulu membersihkan stadion dari kotoran baki dan bungkus makanan serta cangkir-cangkir minuman yang tertinggal di tribun.

Dalam berbagai foto dan potongan video yang beredar, beberapa suporter Jepang terlihat membawa kantong plastik besar untuk mengumpulkan sampah-sampah tersebut di saat penonton lain justru memutuskan meninggalkan tribun terlebih dahulu.

Aksi mengumpulkan sampah ini bukanlah pemandangan baru. Mereka melakukan hal yang sama di Piala Dunia di Rusia empat tahun lalu, terutama setelah kalah 2-3 dari Belgia di babak 16 besar.

Selain itu, kegiatan bersih-bersih juga mereka lakukan pada pertandingan pembuka Piala Dunia tahun ini antara tuan rumah Qatar dan Ekuador, yang notabene kedua tim bukanlah tim kesayangan mereka.

Melansir BBC Sport, di Jepang kebersihan adalah bagian dari budaya yang ditanamkan kepada masyarakatnya sejak usia dini.

Pada tahun 2018, Scott North, seorang profesor sosiologi di Universitas Osaka, mengatakan bahwa kegiatan bersih-bersih adalah cara orang Jepang "menunjukkan kebanggaan dalam cara hidup mereka".

"Bersih setelah pertandingan sepak bola merupakan perpanjangan dari perilaku dasar yang diajarkan di sekolah, di mana anak-anak harus membersihkan ruang kelas dan lorong-lorong di sekolah," katanya.

Kemenangan atas Jerman membuat Jepang menduduki posisi kedua klasemen sementara Grup E dengan koleksi tiga poin. Mereka berada di belakang Spanyol dengan jumlah poin yang sama, tetapi unggul selisih gol berkat kemenangan besar 7-0 atas Kosta Rika

Jepang selanjutnya akan melawan Kosta Rika di pertandingan Grup E berikutnya pada hari Minggu. Samurai Biru selanjutnya akan bertemu dengan Spanyol di laga terakhir penyisihan grup pada hari Kamis mendatang.