Pemain Jepang Tinggalkan Pesan Menyentuh di Ruang Ganti Usai Tersingkir dari Piala Dunia 2022
Timnas Jepang (Twitter @bestgug)

Bagikan:

JAKARTA — Pemain-pemain timnas Jepang meninggalkan pesan menyentuh di ruang ganti mereka setelah tersingkir dari Piala Dunia 2022 Qatar.

Samurai Biru, julukan timnas Jepang, kalah dari Kroasia melalui adu penalti di babak 16 besar di Stadion Janoub, Senin, 5 Desember malam, setelah bermain imbang 1-1 selama 120 menit.

Jepang gagal melangkah ke delapan besar setelah hanya mencetak satu penalti dari empat percobaan.

Terlepas dari kekalahan itu, pemain mereka masih menyempatkan diri membersihkan ruang ganti dan meninggalkannya dalam kondisi yang bersih.

Selain itu, mereka juga membuat origami burung bangau yang mereka tinggalkan sebagai hadiah kepada tuan rumah. Ada juga pesan berisi terima kasih yang ditulis dalam bahasa Jepang dan Arab.

Timnas Jepang membuat origami burung bangau yang mereka tinggalkan sebagai hadiah kepada tuan rumah Qatar (Twitter @bestgug)

Ini seperti yang pernah mereka dilakukan setelah kemenangan bersejarah mereka atas Jerman di babak grup. Di Piala Dunia 2018 Rusia mereka juga melakukan hal yang sama usai disingkirkan secara dramatis oleh Belgia.

Tindakan yang sama mereka ulangi lagi setelah menelan kekalahan di tangan Qatar pada Piala Asia 2019. Tidak cuma para pemain, suporter mereka juga ikut bersih-bersih tribun penonton setelah menonton laga-laga di Qatar.

Ini mulai mereka lakukan pada akhir pertandingan pembukaan Piala Dunia antara Qatar dan Ekuador. Mereka membawa kantong plastik besar untuk mengumpulkan sampah sisa makanan.