Piala Dunia 2022, Jerman Vs Jepang: Fantastis! Samurai Biru Tumbangkan Der Panzer 2-1
Jerman Vs Jepang (Twitter @fifaworldcup)

Bagikan:

JAKARTA — Jerman gagal mendapat tiga poin setelah menerima kekalahan tipis 1-2 dari Jepang pada laga perdana Grup E Piala Dunia 2022 Qatar.

Bermain di Stadion Internasional Khalifa, Rabu, 23 November malam WIB, Jerman unggul cepat melalui penalti Ilkay Gundogan sebelum Jepang membalas dua gol di paruh kedua laga.

Delapan menit laga berjalan, Jepang langsung mengejutkan Jerman. Daizen Maeda berhasil menggetarkan jala lawan, tetapi gol itu tidak disahkan wasit karena empunya sudah offside.

Pada menit ke-21, Joshua Kimmich mensia-siakan sebuah kesempatan bagus. Upaya dia mengirim tembakan dari jarak jauh ke sisi kiri gawang masih bisa dihentikan oleh kiper Jepang.

Jerman akhirnya unggul pada menit ke-32 melalui tendangan Ilkay Gundogan dari titik putih. Hadiah penalti diberikan setelah kiper Jepang Shuichi Gonda melanggar David Raum di kotak terlarang.

Golnya membawa Jerman unggul ini menorehkan sejarah bagi Gündoğan. Ia untuk pertama kali dalam kariernya mencetak gol untuk Jerman di turnamen besar.

Di menit tambahan waktu Kai Havertz sempat menggandakan skor buat Jerman memaksimalkan umpan Serge Gnabry, tetapi gol itu offside! Skor 1-0 untuk Jerman pun bertahan sampai jeda.

Beberapa menit usai turun minum, Musiala melakukan solo run dan masuk dalam kotak penalti. Ia lalu melepaskan tembakan, tetapi bola tendangannya cuma melenceng jauh ke atas gawang yang dikawal Gonda.

Di menit ke-60, assist Gundogan nyaris memberikan gol kedua buat Jerman. Sayang tembakan yang memanfaatkan umpan tersebut malah membentur tiang gawang.

Sebelas menit kemudian, Gnabry mengancam dengan sundulan dari jarak yang sangat dan bola melesat ke sisi kanan gawang. Tapi Shuichi Gonda sukses mencegah keunggulan untuk Jerman bertambah.

Gol penyeimbang yang ditunggu Jepang akhirnya datang di menit ke-75. Ritsu Doan mencatat namanya di papan skor setelah bereaksi cepat menyambar muntah untuk memaksa Manuel Neuer memungut bola dari gawangnya.

Gawang Jerman kembali bergetar sembilan menit kemudian. Kali ini giliran Takuma Asano berhasil mencetak skor setelah menerima sebuah operan manis dari rekannya Ko Itakura.

Setelah itu, Leon Goretzka berusaha menyamakan skor di menit tambahan waktu ke-96 dengan tembakan voli memanfaatkan bola muntah, tapi hasilnya melebar. Skor 1-2 untuk kemenangan Jepang pun bertahan hingga laga kelar.

Susunan Pemain

Jerman (4-2-3-1): Neuer; Kehrer, Sule, Rudiger, Raum; Kimmich, Goretzka; Gnarby, Musiala, Sane; Muller.

Jepang (4-2-3-1): Gonda; Nagatomo, Yoshida, Tomiyasu, Sakai; Shibasaki, Morita; Ito, Kamada, Kubo; Minamino.