Piala Dunia 2022: Jepang Tak Mau Senasib dengan 2 Wakil Asia Lainnya
Timnas Jepang sudah bersiap menghadapi Piala Dunia 2022. (Foto: Twitter/@jfa_en)

Bagikan:

JAKARTA - Perwakilan Asia menuai hasil buruk pada laga perdana mereka di Piala Dunia 2022. Qatar dan Iran sama-sama menelan kekalahan.

Qatar yang berstatus tuan rumah, takluk 0-2 dari Ekuador di Grup A. Sedangkan Iran dipermak Inggris dengan skor 6-2 di Grup B.

Jepang yang jadi wakil Asia berikutnya, tak mau mengikuti jejak Iran dan Qatar. Samurai Biru ingin memetik poin di laga perdananya.

Misi ini sulit. Pasalnya Jepang akan menghadapi Jerman pada laga pembuka Grup E Piala Dunia 2022.

Meski demikian, striker Jepang, Takuma Asano, meminta rekan-rekannya untuk tidak gentar menghadapi The Panzer.

"Yang pasti ada perbedaan level tim Asia dibandingkan Eropa dan Amerika Selatan, dan kami masih belum sampai ke sana. Namun, Anda tak akan pernah tahu apa yang terjadi di turnamen seperti ini," kata pemain yang berkiprah di Liga Jerman bersama Bochum tersebut.

"Kami membutuhkan banyak kualitas seperti teknik dan taktik, tapi para pemain senior terus mengatakan yang dibutuhkan saat diperhitungkan adalah menjadi tim yang benar-benar menginginkannya," lanjut Asano, seperti dilansir AFP via Antara, Selasa, 22 November.

Sebenarnya Jepang sudah cukup paham dengan karakter Jerman. Pasalnya, ada delapan pemain Jepang yang bermain di Bundesliga, liga papan atas Jerman.

Bek Jepang, Takehiro Tomiyasu menilai, timnya perlu bersikap pragmatis. Samurai Biru juga diminta untuk tidak menghormati Jerman terlalu berlebihan.

"Tentu saja kami harus realistis. Saya pikir kami perlu menyesuaikan keseimbangan," kata bek Arsenal itu.