Manuel Neuer Buat Rekor Kiper dengan Penampilan Terbanyak di Piala Dunia Saat Jerman Tersingkir
Kiper timnas Jerman, Manuel Neuer. (Foto: Twitter/@DFB_Team_EN)

Bagikan:

JAKARTA — Manuel Neuer sukses membuat rekor di Piala Dunia 2022. Sayang, rekor itu tidak bisa membantu Jerman lolos ke babak 16 besar.

Pemain Bayern Munchen itu tercatat sebagai kiper dengan penampilan terbanyak di Piala Dunia. Rekor itu dia buat ketika Jermanmengalahkan Kosta Rika 4-2 pada pertandingan terakhir penyisihan Grup E di Stadion Al Bayt, Jumat, 2 Desember dini hari WIB.

Pertandingan tersebut menjadi penampilan ke-19 Neuer di kompetisi sepak bola akbar dunia itu. Neuer melewati catatan kiper legendaris timnas Brasil Claudio Taffarel. Dia juga melampaui jumlah penampilan kiper legendaris Jerman, Sepp Maier.

Selain itu, pertandingan melawan Kosta Rika juga menandai penampilan ke-117 Neuer bersama timnas Jerman.

”Manuel Neuer membuat rekor penampilan Piala Dunia ke-19 malam ini, yang berarti dia sekarang telah memainkan lebih banyak pertandingan [di Piala Dunia] daripada penjaga gawangnya lainnya,” demikian bunyi kicauan Bayern Munchen di akun Twitter mereka, dilansir Jumat, 2 Desember 2022.

Neuer adalah salah satu penjaga gawang terbaik di dunia sejak memulai debutnya untuk Jerman di Piala Dunia 2010 lalu yang berlangsung di Afrika Selatan. Ketika itu ia ditunjuk menggantikan Rene Adler yang cedera menjelang turnamen.

Sejak itu, posisi Neuer di timnas Jerman sama sekali tidak tergantikan. Ia menjadi bagian dari skuat yang mengangkat trofi Piala Dunia 2014 di Brasil setelah mengalahkan Argentina di final.

Penampilannya di kompetisi edisi tersebut membuat ia berhasil membawa pulang penghargaan Sarung Tangan Emas. Sayang, dua Piala Dunia setelahnya ia tidak bisa membantu Jerman ke babak gugur.

Tahun ini mereka harus pulang di babak grup setelah finis di tempat ketiga, di belakang Jepang dan Spanyol. Mereka sebelumnya juga tersingkir di babak yang sama saat datang sebagai juara bertahan di Rusia pada 2018 lalu.