Piala Dunia 2022 Grup F: Maroko dan Kroasia Lolos ke 16 Besar, 'Generasi Emas' Belgia Pulang Lebih Awal
Belgia tersingkir setelah bermain imbang lawan Kroasia di pertandingan terakhir Grup F Piala Dunia 2022 Qatar. (Foto: Twitter/@FIFAWorldCup)

Bagikan:

JAKARTA - Timnas Belgia gagal lolos dari lubang jarum. The Red Devils tersingkir setelah bermain imbang dengan Kroasia pada laga terakhir penyisihan Grup F, Kamis, 1 Desember malam.

Dengan hasil ini, Belgia hanya menempati posisi ketiga klasemen dengan empat poin. Sementara Kroasia melangkah ke babak 16 besar dengan status runner up berkat koleksi lima poin.

Posisi juara Grup F diisi Maroko yang pada pertandingan lain, menang dengan skor tipis atas Kanada. Ini pertama kalinya sejak 1986, The Atlas Lions lolos dari babak penyisihan grup.

Kroasia vs Belgia

Belgia yang membutuhkan kemenangan untuk bisa lolos, melakukan sejumlah perubahan dalam susunan pemain mereka. Pelatih Roberto Martinez melakukan perombakan besar di lini depan.

Tak ada nama Eden Hazard dan Mitchy Batshuayi sejak awal laga. Mereka digantikan Dries Mertens dan Leandro Trossad.

Pertandingan pun berjalan sengit dan seimbang. Terbukti, skor kacamata tetap bertahan hingga jeda turun minum meski ada beberapa peluang yang tercipta di babak pertama.

Di babak kedua, Martinez kemudian memasukkan Romelu Lukaku menggantikan Dries Mertens. Pemain Inter Milan itu pun langsung memberikan ancaman.

Kroasia bukan tanpa peluang. Marcelo Brozovic dan Luka Modric bahkan memaksa Thibaut Courtois melakukan penyelamatan luar biasa untuk mengamankan gawangnya.

Pada menit ke-60, Lukaku mendapatkan kesempatan emas. Bola muntah dari upaya Carrasco jatuh ke kaki mantan pemain Manchester United tersebut. Sayang, bola yang dia lepaskan hanya membentur tiang gawang Kroasia.

Meski sejumlah peluang tercipta, tak ada yang mampu dikonversikan menjadi gol di laga ini. Skor 0-0 pun bertahan hingga akhir laga.

Kanada Vs Maroko

Maroko tampil luar biasa dalam pertandingan ini. Bahkan, mereka sudah unggul 2-1 di babak pertama.

Dua gol Maroko diciptakan Hakim Ziyech pada menit ke-4 dan Youssef En-Nesyri pada menit ke-23. Sementara Kanada memperkecil ketertinggalan berkat gol bunuh diri Nayef Aguerd pada menit ke-41.

Babak kedua berjalan lebih ketat. Kedua tim sama-sama berusaha untuk mendapatkan gol tambahan. Namun, hingga akhir pertandingan, skor 2-1 untuk Maroko tak berubah.
 
Ini kali kedua Maroko lolos dari fase grup. Sebelumnya, mereka melakukan itu pada tahun 1986.
 
 
Klasemen akhir Grup F

Maroko 7 poin

Kroasia 5 poin

Belgia 4 poin

Kanada 0 poin