5 Kiper Favorit Pemenang Sarung Tangan Emas di Piala Dunia 2022 Qatar
Emiliano Martinez (Instagram @emi_martinez26)

Bagikan:

JAKARTA — Piala Dunia 2022 Qatar akan bergulir akhir pekan ini. Lima calon kiper masuk dalam favorit untuk memenangkan Sarung Tangan Emas (Golden Glove) di turnamen paling akbar itu.

Pemenang Sarung Tangan Emas lazimnya berada di tim pemenang ajang empat tahunan itu. Kiper dalam sepak bola modern bisa dibilang sama pentingnya dengan penyerang, terutama untuk situasi do-or-die yang ada selama babak gugur.

Tiga dari lima pemenang Golden Glove terakhir juga memenangkan trofi Piala Dunia. Pengecualiannya adalah Oliver Kahn (Jerman, 2002) dan Thibaut Courtois (Belgia, 2018).

Kahn adalah satu-satunya pemain yang pernah memenangkan Sarung Tangan Emas dan Bola Emas (pemain terbaik) dalam edisi Piala Dunia yang sama. Dia membuat lima clean sheet yang mengejutkan pada tahun 2002, yang belum pernah dicapai kiper lain sejak saat itu.

Piala Dunia 2022 di Qatar mendatang akan diikuti oleh beberapa penjaga gawang top menjaga tempat mereka di bawah mistar gawang. Untuk itu, berikut ini ada lima kiper favorit untuk memenangkan Sarung Tangan Emas.

Hugo Lloris (Prancis)

Prancis memasuki Piala Dunia edisi tahun ini sebagai juara bertahan dan salah satu favorit. Mereka datang membawa Lloris yang baru saja kembali dari cedera yang membuatnya absen selama beberapa minggu.

Namun, dia adalah salah satu kiper terbaik terlepas dari kemungkinannya untuk menjaga clean sheet. Namun, tempatnya di bawah mistar gawang bisa mengantar Prancis melangkah lebih jauh di turnamen atau bisa menjaga gelar.

Emiliano Martinez (Argentina)

Tekanan luar biasa akan ada pada pemain mana pun yang bermain bersama Lionel Messi di timnas Argentina selama Piala Dunia mendatang di Qatar, tidak terkecuali Martinez yang menjadi kiper pilihan pertama Los Albiceleste dalam dua tahun terakhir.

Bersama Cristian Romero dan Lisandro Martinez di pertahanan, Emi Martinez akan merasa yakin dengan peluangnya memenangkan Sarung Tangan Emas yang begitu didambakan untuk pertama kali dalam kariernya.

Manuel Neuer (Jerman)

Neuer adalah salah satu pelanggan tetap dalam daftar yang dibuat seperti ini karena dia telah menjadi penjaga gawang utama tim nasional Jerman yang dominan selama lebih dari satu dekade.

Dia adalah salah satu dari dua pemain dalam daftar ini yang telah memenangkan Sarung Tangan Emas. Penghargaan itu ia dapat ketika mengantar Jerman juara Piala Dunia pada tahun 2014 lalu di Brasil.

Neuer bersama timnas Jerman masuk sebagai salah satu favorit di turnamen kali ini. Mengingat dia sekarang berusia 36 tahun maka ia diharapkan untuk menjadi starter di setiap pertandingan karena ini bisa dibilang ini akan penampilan terakhirnya di kompetisi tersebut.

Thibaut Courtois (Belgia)

Kiper Real Madrid ini merupakan pemenang Golden Glove bertahan setelah ia mendapat penghargaan itu di Rusia 2018 lalu sekalipun Belgia tidak menjuarai turnamen.

Ketika itu Courtois menorehkan tiga clean sheet dalam perjalanan untuk memenangkan Sarung Tangan Emas saat Belgia finis di tempat ketiga. Tahun ini ia menduduki peringkat kedua kiper favorit oleh banyak situs web, termasuk The Telegraph.

Alisson Becker (Brasil)

Becker menjadi favorit pertama karena ia datang bersama Brasil yang menjadi salah unggulan di Qatar. Tim berjuluk Samba sejauh ini dijagokan mengangkat Piala Dunia keenam mereka bulan depan.

Jika itu terjadi maka Alisson otomatis menjadi favorit mendapat Golden Glove mengingat dia adalah penjaga gawang utama mereka.

Dalam sejarahnya penjaga gawang dari Eropa selalu memenangkan penghargaan prestisius ini di setiap edisi sejak Piala Dunia 1994. Oleh karena itu, Alisson punya kans besar untuk memecahkan rekor itu.