Dapat Kabar Kesehatan Pele Menurun, Skuat Brasil Piala Dunia 2022 Qatar Kirim Pesan Dukungan
Legenda timnas Brasil, Pele. (Foto: Twitter/@Pele)

Bagikan:

JAKARTA - Skuat timnas Brasil yang saat ini sedang berlaga di Piala Dunia 2022 Qatar, mengirim pesan untuk memberikan dukungan kepada legenda mereka Pele. Kabarnya, Pele saat ini kembali menjalani perawatan di rumah sakit.

ESPN Brasil melaporkan Pele dibawa ke rumah sakit Sao Paulo Albert Einstein karena masalah pembengkakan. Meski demikian, putrinya, Kely Nascimento memastikan "tidak ada keadaan darurat".

"Kami semua berharap banyak kesehatan untuk Pele," kata Pelatih Timnas Brasil Tite sebelum memulai konferensi pers untuk pertandingan melawan Kamerun pada Sabtu mendatang, dilansir dari Livescore, Kamis, 1 Desember 2022.

Pele saat ini menghadapi kondisi kesehatan yang tidak stabil sejak menjalani operasi pengangkatan tumor pada September tahun lalu. Sejak itu, sosok berusia 82 tahun itu terus bolak-balik rumah sakit untuk menjalani perawatan.

Dalam laporan terbaru tersebut, Pele dikabarkan sedang mengalami masalah pada jantung. Hal itu karena pengobatan kemoterapi yang sedang ia jalani saat ini tidak memberikan efek seperti yang diharapkan.

”Kami mengetahui berita (Pele sakit) dari media. Dia adalah perwakilan terbesar dari tim nasional dan kami mendoakan kesehatannya yang terbaik. Itulah perasaan seluruh skuat, kami mendoakan yang terbaik untuk Pele,” lanjut Tite.

Saat Brasil hendak memulai kampanye Piala Dunia 2022 Qatar pekan lalu, Pele sempat memberikan dukungan kepada skuat asuhan Tite melalui postingan di Instagram. Dalam tulisannya ia pun berharap Brasil keluar sebagai juara.

"Hari ini kami mulai menulis cerita baru. Tidak peduli ukuran dan tradisi lawan: kami harus menghormati dan memainkan setiap pertandingan dengan fokus mencapai final," tulisnya.

"Memang penting untuk bermain dengan indah, ya, tapi penting juga untuk meninggalkan segalanya di lapangan. Hari ini, lebih dari 200 juta hati kita akan berdetak sebagai satu kesatuan, bergetar mengikuti semua pencapaian Selecao."

"Saya mengirimkan semua energi positif kepada Anda. Saya yakin kita akan memiliki akhir yang bahagia. Tuhan memberkati Anda. Bawa pulang trofi ini," tambah dia.

Pele adalah pencetak gol terbanyak sepanjang masa Brasil dengan 77 gol dalam 92 pertandingan. Dia adalah pemenang Piala Dunia pada tahun 1958, 1962 dan 1970.