Son Heung-min Dapat 'Lampu Hijau' Buat Gempur Pertahanan Uruguay
Striker timnas Korea Selatan, Son Heung-min siap turun menghadapi Uruguay. (Foto: Twitter/@theKFA)

Bagikan:

JAKARTA - Striker Tottenham Hotspur, Son Heung-min dipastikan bugar untuk membela Korea Selatan menghadapi Uruguay pada laga pertama penyisihan Grup H Piala Dunia 2022 Qatar di Education City Stadium, Kamis, 24 November malam WIB.

Meski demikian, kapten timnas Korea akan tetap mengenakan topeng pelindung wajah di laga itu. Pasalnya, ia baru menjalani operasi awal bulan ini setelah menderita cedera patah tulang di sekitar mata kirinya pada laga melawan Marseille di Liga Champions Eropa.

"Son bisa bermain," kata pelatih Korea Paulo Bento, dilansir dari BBC Sport, Kamis, 24 November 2022.

"Fakta dia akan memakai masker bukanlah hal yang merepotkan baginya. Itu wajar baginya," lanjutnya.

Cedera wajah itu membuat Son sempat dikhawatirkan akan absen dari Piala Dunia tahun ini. Namun, namanya kemudian muncul di dalam skuad Korea yang akan dibawa ke Qatar.

Ia terbang ke Qatar setelah mencetak 35 gol dalam 104 penampilan untuk Korea Selatan. Ia akan berusaha menambah jumlah golnya itu saat membela Korea di grup yang juga ditempati oleh Portugal dan Ghana tersebut.

"Harapan kami adalah dia akan merasa nyaman sejauh mungkin. Dia tahu, dan kami tahu, bahwa setelah cedera ini kami tidak bisa mengambil risiko apapun," ujar Bento.

Di atas kertas Uruguay diunggulkan menang melawan Korea. Sejauh ini Uruguay telah memenangkan dua pertemuan melawan Korea di Piala Dunia sebelumnya.

Kemenangan pertama terjadi di babak penyisihan grup di Udine di Italia pada Piala Dunia 1990. Adapun kemenangan kedua terjadi di babak 16 besar Piala Dunia 2010 di Afrika Selatan.

Namun, Korea Selatan datang dengan ambisi menjadi tim Asia ketiga yang bisa mengalahkan lawan dari Amerika Selatan di Piala Dunia setelah Jepang mengalahkan Kolombia 2-1 pada 2018 dan Arab Saudi menang dengan skor yang sama versus Argentina pada Selasa kemarin.