Piala Dunia 2022: Digempur Serangan Bergelombang Kanada, Belgia Malah Menang 1-0
Kiper Belgia Thibaut Courtois merayakan kemenangan timnay atasa Kanada (Twitter @fifaworldcup)

Bagikan:

JAKARTA - Pertandingan Grup F antara Belgia versus Kanada dihelat di Ahmad Bin Ali Stadium di kota Rayan pada Kamis, 24 November dini hari. Dalam laga ini, Belgia menang tipis lewat gol yang dicetak Michy Batshuayi.

Generasi Emas Belgia yang sudah dimakan usia mengawali upaya terakhir mereka dalam merengkuh kejayaan Piala Dunia tanpa Romelu Lukaku yang sebelum ini menjadi episentrum kesuksesan mereka dalam beberapa tahun terakhir.

Pertandingan ini merupakan laga pembuka yang sulit bagi tim asuhan Roberto Martinez, sekalipun lawan yang dihadapi adalah tim yang sudah 36 tahun lamanya tak pernah lagi merasakan atmosfer Piala Dunia.

Tanpa Lukaku, Martinez mengubah gaya bermain timnya yang berperingkat kedua di dunia itu, apalagi pengisi tempat Lukaku, yakni Michy Batshuayi, kurang mengesankan saat dikalahkan Mesir 1-2 dalam pertandingan ujicoba pekan lalu.

Namun, Batshuayi menepis keraguan publik ketika sang striker mencetak gol pada menit 43. Tendangan kaki kirinya dari tengah kotak penalti menembus jala gawang lawan setelah ia menerima umpan Toby Alderweireld.

Kanada bukan tanpa perlawanan. Tim asuhan John Herdman justru mengurung Belgia dengan belasan tendangan ke gawang. Serangan bergelombang dilancarkan ke lini pertahanan Setan Merah. Namun, tak satu pun gol tercipta ke gawang kiper Real Madrid, Thibaut Courtois.

Striker Fenerbahce itu satu-satunya pencetak gol dalam laga ini. Tak ada lagi gol yang tercipta sampai wasit meniup peluit panjang.

Susunan pemain:

Belgia (3-4-2-1): Courtois; Dendoncker, Alderweireld, Vertonghen; Catsagne, Tielemans, Witsel, Carrasco; De Bruyne, E Hazard; Batshuayi

Kanada (3-4-2-1): Borjan; Johnston, Steven Vitoria, K Miller; Hoilett, Hutchinson, Eustaquio, Laryea; Buchanan, Davies; David