16 Hari Menuju Piala Dunia 2022 Qatar: Korea Selatan Berharap Son Heung-min Pulih Tepat Waktu
Pemain timnas Korea Selatan, Son Heung-min. (Foto: Twitter/@theKFA)

Bagikan:

JAKARTA — Asosiasi Sepak Bola Korea Selatan (KFA) optimistis Son Heung-min segera pulih dari cedera dan bisa tampil dalam pertandingan pembukaan Grup H Piala Dunia 2022 di Qatar. Pada laga perdana, Korsel akan melawan Uruguay pada 24 November mendatang.

Pemain Tottenham Hotspur itu diragukan bisa tampil di Piala Dunia Qatar bulan ini karena cedera patah tulang di sekitar mata kiri. Terlepas dari pulih tepat waktu atau tidak, salah satu nama besar di olahraga Asia itu tetap akan dibawa ke Qatar.

"Kami berharap dia akan pulih tepat waktu tetapi kami menunggu kejelasan tentang itu. Kami pikir Son akan pergi ke Piala Dunia, itu hanya pertanyaan apakah dia bermain atau seberapa banyak dia bisa bermain," kata seorang pejabat KFA kepada The Associated Press, dilansir Jumat, 4 November.

Son mendapat cedera setelah bertabrakan dengan bek Chancel Mbemba saat memperkuat Spurs melawan Marseille di Liga Champions Eropa, Rabu tengah pekan ini. Cedera itu membuat ia pun harus menjalani operasi.

Tottenham pada Rabu kemarin sudah mengumumkan terkait rencana operasi itu. Namun, belum ada kerangka waktu yang pasti untuk pemulihannya.

"Semua orang khawatir dengan [kondisi] Heung-min. Yang bisa kami lakukan di sini adalah mengikuti berita dari jauh. Kami semua berdoa agar Heung-min cepat pulih," kata rekan setim Son, Kwon Chang-hoon.

Sebelumnya, profesor Hong Jong Won dari Departemen Bedah Plastik di Rumah Sakit Severance Universitas Yonsei di Seoul mengatakan kepada Kantor Berita Yonhap, Son mungkin perlu setidaknya empat minggu untuk pulih.

Saat ini media Korea meliput cedera Son secara ekstensif, termasuk menerbitkan diagram struktur tulang wajah. Laporan-laporan itu dibuat di tengah banyak penggemar di negara itu yang tengah mendiskusikan peluang Son untuk kembali.

Son memenangkan Sepatu Emas Liga Premier musim lalu setelah menjadi pencetak gol terbanyak selama satu musim di papan atas sepak bola Inggris. Dia juga penyerang terkemuka negaranya dengan total koleksi 35 gol sejauh ini.