Bagikan:

JAKARTA - Tottenham Hotspur merilis pernyataan tentang penghinaan rasial yang dilakukan Rodrigo Bentancur kepada Son Heung-min.

Sebagaimana diketahui, Bentancur tampil sebuah televisi Uruguay. Ketika itu, ia diminta oleh presenter untuk mengenakan kaus Spurs.

"Kepunyaan Sonny (Son Heung-min, red)? Bisa jadi sepupu Sonny juga karena mereka semua terlihat sama," ujarnya kala itu.

Tak lama setelah itu, Bentancur menyadari bahwa pernyataannya mengandung muatan rasial. Alhasil, dia segera meminta maaf di media sosial pribadinya.

"Sonny saudara! Saya minta maaf kepada Anda atas apa yang terjadi, itu hanya lelucon yang sangat buruk."

"Kamu tahu saya mencintaimu dan saya tidak akan pernah merendahkanmu atau menyakitimu atau orang lain! Saya mencintaimu, saudaraku!" ujar Bentancur.

Permintaan maaf itu langsung disambut Son Heung-min. Dia menerima dengan baik dan memahami bahwa Bentancur tak bermaksud menyinggung.

"Saya telah berbicara dengan Lolo (panggilan Bentancur). Dia melakukan kesalahan, dia mengetahui hal ini dan telah meminta maaf."

"Lolo tidak bermaksud dengan sengaja mengatakan sesuatu yang menyinggung. Kami adalah saudara dan tidak ada yang berubah sama sekali."

"Kami sudah melewati ini, kami bersatu, dan kami akan kembali bersama di pramusim untuk berjuang demi klub kami sebagai satu kesatuan," kata pemain Korea Selatan tersebut.

Sementara itu, Spurs pun merespons isu rasis tersebut melalui pernyataan resmi. Pihak klub memastikan Bentancur yang juga merupakan pemainnya akan diberikan teguran.

Selain itu, Tottenham juga akan memastikan insiden tersebut tak mengganggu mental Son Heung-min.

"Menyusul komentar dari Rodrigo Bentancur dalam klip video wawancara dan permintaan maaf publik berikutnya dari pemain tersebut, klub telah memberikan bantuan untuk memastikan hasil positif mengenai masalah ini."

"Ini akan mencakup pendidikan lebih lanjut bagi semua pemain sejalan dengan tujuan keberagaman, kesetaraan, dan inklusi kami."

"Kami mendukung sepenuhnya bahwa kapten kami Sonny merasa bahwa dia dapat menarik garis batas atas insiden tersebut serta bahwa tim dapat fokus pada musim baru yang akan datang."

"Kami sangat bangga dengan fanbase global dan tim bermain kami yang beragam. Diskriminasi dalam bentuk apa pun tidak memiliki tempat di klub kami, dalam permainan kami, atau dalam masyarakat luas," bunyi pernyataan Spurs.

Bentancur dan Son Heung-min sudah bermain bersama di Tottenham Hotspur sejak 2022.

Rodrigo Bentancur dikontrak Spurs pada 2022. Dia telah membuat 69 penampilan, dengan 25 penampilan musim lalu ketika Son menjadi kapten.