10 Fakta Unik yang Belum Kamu Tahu tentang Qatar, Tuan Rumah Piala Dunia 2022
Qatar (Foto: Pixabay)

Bagikan:

JAKARTA - Piala Dunia 2022 untuk kali pertama akan digelar di Timur Tengah. Pada 21 November sampai 18 Desember mendatang, Qatar siap mengelar pesta sepak bola empat tahunan paling akbar di planet bumi.

Berikut ini, 10 fakta yang tidak Anda ketahui tentang Qatar, dirangkum VOI dari berbagai sumber.

1. Negara paling aman di dunia

Pengunjung yang menghargai keselamatan dapat meyakini bahwa Qatar memiliki tingkat kejahatan dan masalah keamanan yang sangat rendah. Pada tahun 2022, konsisten dengan beberapa tahun terakhir, Indeks Kejahatan Numbeo menempatkan Qatar sebagai negara teraman di dunia. Numbeo juga menempatkan Doha sebagai kota teraman kedua di dunia.

Ilustrasi Doha, Qatar (Pixabay)

2. Asal usulnya kuno

Sementara keadaan Qatar saat ini, dalam beberapa hal, adalah penciptaan modern, referensi ke semenanjung itu berasal dari sejarah kuno, ketika penulis Romawi Pliny the Elder menyebut penduduknya sebagai "Catharrei".

Ptolemy, ahli matematika, astronom, dan ahli geografi kuno, kemudian menghasilkan peta dengan semenanjung berlabel "Catara", yang dipajang di Perpustakaan Nasional Qatar. Ejaan ini macet selama berabad-abad sebelum referensi pertama untuk "Katara" dan "Qatar" muncul di jurnal penjelajah Portugis.

3. Warisan yang memesona

Bukti pertama pemukiman manusia berkelanjutan di Qatar berasal dari milenium keenam sebelum masehi. Situs Zaman Perunggu di Qatar terkonsentrasi di wilayah Al Khor, di mana pulau Jazirat bin Ghannem, yang dikenal sebagai "Pulau Ungu", adalah pusat perdagangan pewarna ungu.

Industri ini berkembang pesat pada milenium kedua sebelum masehi ketika ungu adalah warna kerajaan Romawi yang sangat mahal yang dikenakan oleh kaisar. Pewarna diekstraksi dari siput laut dalam jumlah besar. Hari ini, pengunjung dapat naik kayak melalui hutan bakau pulau dan berdiri di atas bebatuan untuk melihat pemandangan matahari terbenam yang indah.

Al Khor (Unsplash)

4. Di mana pasir bertemu dengan laut

Qatar adalah salah satu dari sedikit tempat di dunia di mana gurun bertemu dengan laut. Bukit pasir yang paling spektakuler adalah Khor Al Adaid, juga dikenal sebagai Laut Pedalaman, di mana ekosistem yang unik telah berkembang, dengan flamingo, kura-kura, rubah dan hewan nasional negara itu, Oryx Arab.

Khor Al Adaid (Unsplash)

5. Disukai ikan terbesar di dunia

Qatar menjadi tuan rumah salah satu hiu paus terbesar di planet ini. Hiu tersebut muncul dari April hingga September di lepas pantai timur laut zona laut terlarang Al Shaheen. Makhluk air yang agung ini, sering disebut sebagai 'raksasa lembut', telah terancam punah sejak tahun 2002. Ikan terbesar di dunia, hiu paus dapat tumbuh hingga 20 meter.

CaptionIlustrasi hiu paus (Unsplash)

6. Pusat proyek berkelanjutan

Keberlanjutan telah tertanam dalam proyek-proyek besar baru di Qatar sejak tawaran Piala Dunia FIFA dimenangkan lebih dari satu dekade lalu. Di pusat Doha, Anda akan menemukan jalan-jalan dengan deretan kafe di Msheireb, proyek regenerasi pusat kota berkelanjutan pertama di dunia.

Di jantung Piala Dunia akan menjadi kota masa depan senilai 45 miliar dolar AS. Kota Lusail, satu-satunya pembangunan berkelanjutan terbesar yang dilakukan di Qatar dengan sejumlah bangunan menarik dan berinovasi dengan ide-ide ramah lingkungan.

Stadion yang dibangun untuk sepak bola memiliki keberlanjutan pada intinya dan ini akan menjadi acara yang bebas dari karbon. Stadion Ras Abu Aboud, misalnya, dibangun dari kontainer pengiriman laut yang digunakan kembali dan akan dibongkar sepenuhnya setelah turnamen berakhir.

Proyek berkelanjutan di Qatar (Foto: qatar2022.qa)

7. Jalur bersepeda terpanjang di dunia

Olahraga dan kesehatan masyarakat adalah prioritas utama di Qatar dan bahkan ada hari libur nasional setiap Februari untuk menandai Hari Olahraga Nasional. Lintasan Bersepeda Olimpiade adalah buktinya, yang memperoleh Rekor Dunia Guinness pada tahun 2020 untuk jalur sepeda berkelanjutan terpanjang di dunia, dengan panjang 33 kilometer.

Lintasan bersepeda terpanjang di dunia (Foto: guinnessworldrecords.com)

8. Mudah diakses

Berkat sejumlah langkah fasilitasi visa, Qatar sekarang menjadi salah satu negara yang paling mudah diakses di Timur Tengah. Pengunjung dari seluruh dunia, dari lebih dari 95 negara, dapat memasuki Qatar baik bebas visa atau dengan mengisi aplikasi online sederhana, tergantung pada paspor yang mereka bawa.

9. Maskapai dan bandara terbaik dunia

Keramahan yang luar biasa yang diterima pengunjung dalam perjalanan ke Qatar dimulai pada penerbangan mereka dan berlanjut di kedatangan bandara. Qatar Airways dianugerahi 'Maskapai penerbangan terbaik dunia' dan Bandara Internasional Hamad dianugerahi 'Bandara Terbaik di dunia' di Skytrax World Airport Awards 2021. Wisatawan yang akan transit melalui Qatar dapat memanfaatkan paket persinggahan bernilai terbaik di dunia, diluncurkan oleh Qatar Airways dan Discover Qatar, dan didukung oleh Qatar Tourism.

Ilustrasi (Unsplash)

10. Rollercoaster dalam ruangan tertinggi di dunia

Menambah penawaran taman hiburan dan keluarga Qatar yang terus berkembang, Quest Doha – yang diluncurkan di Doha Oasis pada Juli 2021 – telah mencetak dua Rekor Dunia Guinness untuk 'Rollercoaster Dalam Ruangan Tertinggi' dan 'Naik Menara Drop Dalam Ruangan Tertinggi'. Taman ini dibagi menjadi tiga "dimensi waktu": Oryxville, menjelajahi masa lalu Arab kuno; Kota Imajinasi, cerminan masa kini; dan Gravity, pelabuhan antariksa futuristik yang canggih.

Rollercoaster dalam ruangan di Quest Doha (Foto: dohaquest.com)