Sejarah Tuan Rumah Piala Dunia yang Selalu Menang di Laga Pembuka
Timnas Qatar (Twitter @fifaworldcup)

Bagikan:

JAKARTA - Seperti yang sudah menjadi tradisi sejak tahun 2006, negara tuan rumah akan memainkan pertandingan pembukaan resmi Piala Dunia FIFA. Pertarungan dengan Ekuador juga akan menjadi debut Qatar di putaran final Piala Dunia 2022.

Dikutip dari laman resmi FIFA, kami menengok ke belakang melalui sejarah untuk melihat bagaimana nasib tuan rumah di pertandingan pembukaan sebelumnya.

Italia memulai dengan keras

Pada Piala Dunia 1934, delapan pertandingan babak pembukaan semuanya dimainkan secara bersamaan. Tuan rumah Italia menghadapi Amerika Serikat di Roma dan tentu saja menikmati bermain di depan penonton mereka sendiri, kemenangan 7-1 Gli Azzurri meletakkan dasar bagi gelar juara dunia perdana mereka.

Angelo Schiavio adalah pemain yang menonjol pada hari itu, mencetak hat-trick.

Brasil, Swedia, dan Chile semuanya menang

Pada tahun 1950, Brasil mengalahkan Meksiko 4-0 dalam pertandingan pembuka di Maracana. Delapan tahun kemudian, Swedia juga mengalahkan Meksiko 3-0 di Solna.

Pada tahun 1962, empat pertandingan dimainkan sekaligus untuk memulai dan menjalankan turnamen, dan sekali lagi tuan rumah yang sukses, Chile mengalahkan Swiss 3-1.

Kebuntuan di London dan Mexico City

Pertandingan pembukaan untuk negara tuan rumah di Piala Dunia 1966 dan 1970 jauh lebih spektakuler dibandingkan dengan sebelumnya. Dalam pertandingan pembukaan resmi pertama Piala Dunia 1966, Inggris yang akhirnya jadi juara bermain imbang 0-0 dengan Uruguay di Stadion Wembley.

Kemudian di Piala Dunia di Meksiko pada tahun 1970, negara tuan rumah memulai turnamen melawan Uni Soviet, dengan lebih dari 100 ribu penggemar di Stadion Azteca menyaksikan hasil imbang tanpa gol.

Tak terkalahkan

Dari tahun 1974 hingga 2002, selalu juara bertahan yang memainkan pertandingan pembuka, dan baru pada tahun 2006 kehormatan kembali ke tuan rumah. Jerman (4-2 melawan Kosta Rika pada 2006), Brasil (3-1 melawan Kroasia pada 2014) dan Rusia (5-0 melawan Arab Saudi pada 2018) semuanya mencatatkan kemenangan untuk mengawali Piala Dunia yang mereka gelar.

Afrika Selatan, sementara itu, ditahan imbang 1-1 oleh Meksiko pada 2010. Sampai saat ini, tidak ada tuan rumah yang kalah dalam pertandingan pembukaan Piala Dunia – pertanda baik bagi Qatar menjelang pertemuan mereka dengan Ekuador pada 21 November.