Percaya atau Tidak, Data Masa Lalu Ini Perkuat Prediksi Brasil Jadi Juara Piala Dunia 2022
Timnas Brasil (Instagram.com/@cbf_futebol)

Bagikan:

JAKARTA - Dengan status sebagai tim favorit juara di Piala Dunia 2022, ada data yang memperkuat timnas Brasil bisa mewujudkannya. Hal itu soal fakta bahwa tidak ada tim yang mampu menyapu bersih tiga laga fase grup tahun ini.

Dikutip dari Marca pada Minggu, 4 Desember, Brasil, Prancis dan Portugal menjadi tiga tim yang menang di dua laga awal fase grup tapi kemudian kalah di laga terakhir.

Catatan itu menjadi kali keempat di Piala Dunia, di mana tidak ada tim yang meraih poin sempurna dalam fase grup. Situasi serupa sudah pernah terjadi pada Piala Dunia 1958 (Swedia), 1962 (Chile), dan 1994 (Amerika Serikat).

Menariknya, dari setiap edisi Piala Dunia yang punya catatan seperti itu Brasil selalu berhasil keluar sebagai juara.

Di Swedia pada tahun 1958, Brasil yang saat itu diperkuat Pele melaju ke perempat final dengan dua kali menang dan sekali imbang, kemudian mengalahkan Wales, Prancis, dan tuan rumah secara beruntun.

Empat tahun kemudian di Piala Dunia Chile 19962, mereka maju dengan rekor yang sama sebelum mengalahkan Inggris, tim tuan rumah dan Ceko.

Tahun 1994 di Amerika Serikat, Brasil sukses meraih trofi emas keempat mereka berkat kemenangan dramatis atas Italia. Kala itu mereka harus berjuang sampai babak adu penalti untuk mengalahkan Italia dengan skor akhir 3-2 (0-0 setelah waktu normal dan perpanjangan waktu).

Jika tiga sejarah di atas berlanjut tahun ini, timnas Brasil tentu akan tersenyum karena ada kemungkinan mereka menjadi juara Piala Dunia 2022 Qatar.

Timnas Brasil asuhan Tite sebenarnya berpeluang besar menutup fase grup Piala Dunia 2022 dengan koleksi poin sempurna, 9. Namun kekalahan 0-1 dari Kamerun pada matchday terakhir Grup G Piala Dunia 2022 mengandaskan harapan itu.

Selanjutnya, timnas Brasil akan menghadapi Korea Selatan pada 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar. Laga ini akan berlangsung di 974 Stadium pada Selasa, 6 Desember dini hari WIB.