Bagikan:

JAKARTA - Bupati Lampung Timur Dawam Rahardjo jadi bulan-bulanan warganet karena diduga melakukan intimidasi keluarga pengguna TikTok Bima Yudho Saputro dengan nama akun Awbimax Reborn.

Orang tua Bima dikabarkan diintimidasi oleh Dawam usai Bima melontarkan kritik terkait kondisi Lampung. Bima memandang Lampung susah menjadi provinsi yang maju dan menyoroti infrastruktur, pendidikan, hingga birokrasi di daerah tersebut.

Lalu, berapa kekayaan Dawam saat ini? Dalam laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) yang disampaikan Dawam ke KPK per Maret 2022, tercatat politikus PKB ini memiliki harta senilai Rp6,7 miliar.

Kekayaan Dawam meningkat Rp100 juta saat awal menjabat. Saat dilantik menjadi Bupati Lampung Timur pada 21 Februari 2021, Dawam memiliki harta senilai Rp6,6 miliar.

Dari kekayaannya saat ini, Dawam tercatat memiliki 15 bidang tanah yang tersebar di Lampung Timur, Bandar Lampung, Pesawaran, dan Pringsewu dengan nilai Rp5,3 miliar.

Kemudian, Dawam memiliki empat kendaraan dengan merek dua Honda Beat, satu Honda Vario, dan satu Toyota Avanza dengan nilai Rp216 juta.

Dawam punya harta bergerak lainnya senilai Rp380 juta, lalu kas dan setara kas Rp762 juta. Jika ditotal, akumulasi kekayaan Dawam mencapai Rp6,71 juta. Namun, ia punya utang sebesar Rp30 juta. Sehingga, hartanya saat ini menjadi Rp6,71 miliar.

Sebelum menjadi politikus dan terpilih sebagai kepala daerah di Lampung Timur, Dawam merupakan birokrat yang mengawali jabatan ASN-nya sebagai Sekretaris Kecamatan Jabung, Lampung Timur.

Lalu, Dawam juga pernah menjadi camat di beberapa kecamatan di Lampung. Pada tahun 2012, jenjang karier Dawam naik menjadi Kepala Badan Pelayanan Terpadu Pringsewi, lalu Kepala Badan Kepegawaian Daerah Pringsewu sampai tahun 2020.