Ingin Tradisi Anies Dilanjutkan, PKS Minta JIS Kembali Jadi Tempat Salat Idulfitri 2023
Jakarta International Stadium (JIS) (Diah Ayu/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Fraksi PKS DPRD DKI Jakarta Achmad Yani meminta agar Jakarta International Stadium (JIS) kembali menjadi tempat salat Idulfitri. Permintaan ini diungkapkan kepada PT Jakarta Propertindo selaku pengelola JIS.

"Ini untuk Jakpro, pada waktu lalu di JIS itu ada acara malam takbiran pak, saya waktu itu hadir, kemudian paginya ada acara salat Idulfitri. Itu saya cukup semarak ya, cukup bagus," kata Yani dalam rapat Komisi B DPRD DKI Jakarta, Selasa, 4 April.

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menggunakan JIS sebagai pusat tempat salat Idulfitri yang digelar Pemprov DKI sejak stadion berkelas internasional tersebut berdiri.

Salat Idulfitri pertama digelar pada 2 Mei 2022 di area ramp barat, ketika pembatasan kegiatan masyarakat akibat pandemi COVID-19 telah dilonggarkan. Kemudian, Anies kembali menggelar salat Iduladha pada 10 Juli 2022 di lokasi yang sama.

Menurut Yani, Pemprov DKI perlu meneruskan tradisi Anies yang menggelar salat Idulfitri pada stadion yang terletak di Papanggo, Jakarta Utara tersebut.

"Pada tahun ini, (salat Idulfitri) dilaksanakan (di JIS) atau tidak, Pak? Walaupun, sebetulnya bagus dilaksanakan hal hal yang positif itu, bisa dipertahankan," urainya.

Menjawab hal itu, Direktur Utama PT Jakpro Iwan Takwin mengaku penyelenggaraan ibadah di hari besar keagamaan nasional merupakan program Pemprov DKI Jakarta.

"Untuk kegiatan kegiatan kemasyarakatan gitu, tahun lalu yang mengadakan bukan Jakpro, tetapi dalam hal ini Pemprov, kolaborasi dengan Jakpro. Kita tidak sendiri," ujar Iwan.

"Nanti akan kami koordinasikan dengan Pemprov. Karena ini melibatkan publik banyak, jadi perlu memang kolaborasi melibatkan pihak-pihak terutama Dishub dan dinas lainnya," lanjutnya.