PPP: Ridwan Kamil Sudah Lama Dimonitor KIB untuk Diusung di Pilpres 2024
Ridwan Kamil resmi bergabung Partai Golkar foto bareng Ketua Umumnya, Airlangga Hartarto. (Instagram ridwankamil)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua DPP PPP Achmad Baidowi atau Awiek mengakui Ridwan Kamil (RK) sudah sejak lama dibidik Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) untuk diusung dalam Pilpres 2024. RK pun akhirnya merapat ke Partai Golkar.

"RK (Ridwan Kamil) kan memang salah satu tokoh yang dimonitor KIB untuk diusung di pilpres selain tokoh-tokoh lainnya, sejak lama," ujar Awiek di Jakarta, Jumat, 20 Januari.

Awiek mengatakan PPP tercatat sebagai salah satu pendukung RK dalam Pemilihan Umum Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2018. Kendati demikian, lanjut dia, PPP menghormati RK yang menjatuhkan pilihannya jadi kader Golkar.

"Ini hak politik RK. Karena beliau sebelumnya memang belum berpartai. Saat pilgub diusung berpasangan dengan kader PPP yakni Pak Uu (Uu Ruzhanul Ulum)," kata Awiek.

Diketahui, Ridwan Kamil yang berpasangan dengan Uu Ruzhanul Ulum diusung PPP dalam Pilgub Jabar 2018.

Selain partai berlambang Ka'bah, PKB, Nasdem, dan Hanura juga mendukung pasangan yang akhirnya maraup suara maksimal dalam pemilihan orang nomor 1 dan 2 di Jawa Barat tersebut.

Pasangan RK-UU berhasil mengalahkan pasangan Tubagus Hasanuddin-Anton Charliyan, Sudrajat-Ahmad Syaikhu, dan pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi di Pilgub Jabar 2018.

Terkait