Daya Tarik Politik Ridwan Kamil dan Pakde Karwo Diprediksi Jadi Kunci Kemenangan Golkar di Jabar dan Jatim
Ridwan Kamil resmi gabung Partai Golkar.(Instagram ridwankamil)

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (RK) yang baru saja bergabung dengan Partai Golkar diprediksi akan memberikan dampak elektoral. RK dinilai mampu menarik segmen pemilih muda bagi Golkar lantaran daya tarik politiknya besar, terkhusus di Jabar.

Tak hanya RK, kembalinya eks Gubernur Jawa Timur (Jatim) Soekarwo atau Pakde Karwo ke Golkar juga disebut-sebut bakal berdampak pada perolehan suara partai nantinya.

Peneliti politik BRIN Aisah Putri menilai, kedua tokoh itu populer dan bisa menjadi aktor kunci di basis wilayahnya masing-masing saat Pemilu 2024 digelar.

"Pakde Karwo dan RK merupakan politisi populer dan berpengaruh di dua wilayah signifikan untuk peta politik nasional, terutama karena Jabar dan Jatim merupakan dua dapil terbesar di Indonesia. Hal ini akan menguntungkan bagi Golkar menjelang Pemilu 2024, karena keduanya dapat menjadi aktor kunci untuk mendorong kemenangan Golkar dalam Pileg atau Pilpres,” ujar Puput di Jakarta, Jumat, 20 Januari.

Menurutnya, RK dan Pakde Karwo tidak tidak hanya dapat menjadi kandidat, namun juga bisa menjadi juru kampanye dan aktor penentu strategi pemenangan di kedua dapil tersebut. Bahkan, kata Puput, dalam jangka panjang, sosok RK dan Pakde Karwo bisa memiliki taji di tingkat nasional.

“Pakde Karwo dan RK, saya duga, ke depannya akan menjadi politisi yang semakin berpengaruh di level nasional,“ katanya.

Mengenai RK yang baru saja bergabung dengan Golkar, Puput memandang hubungannya dengan partai bisa disusun untuk jangka panjang. Selain sebagai politikus muda, RK memiliki potensi yang kuat untuk Golkar.

"Secara khusus untuk RK, potensinya sangat kuat apabila Golkar berhasil mengkaderisasi dan memainkan kekuatan politik RK,” jelas Puput.

RK berkarier politik bersama Golkar lantaran menilai partai berlambang beringin stabil dan besar. Maka pilihan rasionalnya memberi kesempatan RK berperan dan mendukungnya demi kemajuan partai.

"Dengan demikian, RK memiliki modal cukup kuat untuk mendapatkan peluang berkarir politik yang semakin berpengaruh ke depan," tandasnya.