Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan jet pribadi di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA) kebanjiran pesanan penyewaan dari penggemar sepak bola jelang perhelatan Piala Dunia 2022 di Qatar, termasuk pesanan pendukung Inggris yang yakin tim nasional negaranya lolos ke partai final pada 18 Desember di Doha.

Penyewaan penerbangan pribadi diminati oleh para pendukung di Dubai, yang ingin terbang masuk dan keluar selama sebulan turnamen berlangsung, dimulai pada 20 November.

ME Jets, sebuah perusahaan yang beroperasi dari Dubai World Central, memberikan pengalaman mewah bagi keluarga, kelompok, dan individu yang ingin bepergian ke Qatar dengan penuh gaya.

Dengan harga 1.750 euro, pengalaman itu tidak murah, tetapi tidak menghalangi penggemar yang mengalami demam Piala Dunia untuk membeli kursi penerbangan. Sementara, penerbangan komersial juga tersedia, harganya hanya sepertiga dari penerbangan pribadi.

Menariknya, pendukung Tim Nasional Inggris hingga saat ini menjadi yang terbanyak, memesan penerbangan untuk partai final pada 18 Desember. Itu untuk pesawat VIP dengan 64 penumpang, di mana mayoritas dipesan pendukung Inggris.

"Kami telah menjual seluruh tiket untuk final, yang sangat bagus, dan tiga perempat tiket untuk tiket semifinal," kata Amy Spicer, Managing Partner ME Jets, melansir The National News 15 Agustus.

"Sebagian besar pemesanan ini datang dari penggemar Inggris, yang saya cukup terkejut jika Inggris tidak sampai ke final," tandasnya.

"Kami merasa harga akan sesuai dengan individu kelas menengah yang tidak mampu atau ingin membayar jet pribadi eksklusif, tetapi yang bersedia membayar sedikit lebih untuk pengalaman yang lebih menyenangkan," tandasnya.

jet pribadi
Ilustrasi jet pribadi. (Wikimedia Commons/Sergey Ryabtsev)

"Kalau dari terminal swasta juga lebih cepat. Tampaknya banyak orang ingin pergi ke final Piala Dunia untuk pengalaman, terlepas dari apakah negara mereka lolos atau tidak," tuaksnya.

Sejauh ini, ME Jets telah mendapatkan sebuah Boeing 737, sebuah pesawat pribadi dengan 64 kursi kelas bisnis, sebuah jet Global 6000 dengan 16 kursi dan sebuah Hawker 750 dengan delapan kursi, untuk penerbangan pulang-pergi pada hari yang sama selama Piala Dunia.

Penerbangan harian akan berangkat dari terminal FBO Jetex pribadi di Dubai World Central, atau nama lainnya Al Maktoum International Airport.

Penumpang dapat check-in di terminal pribadi di bandara Dubai South dan memiliki akses ke ruang tunggu keberangkatan yang terpisah

Sejauh ini, sebagian besar pemesanan datang dalam kelompok 15 orang atau lebih.

Di luar partai final, Spicer mengatakan pertandingan Inggris melawan AS di fase grup menjadi yang paling populer, dengan setengah dari penerbangan sudah terjual. Kedua tim diketahui bergabung di Grup B, bersama Iran dan Wales.

Thomas Mold, seorang financial trader di Dubai, akan terbang ke Doha untuk menonton Inggris bermain melawan AS dengan ayahnya David dan temannya Luke Wilson.

"Kami semua pergi bersama ke Piala Dunia Rusia, yang merupakan pengalaman hebat," kata Mold, yang berasal dari Essex, yang telah tinggal di UEA selama delapan tahun.

"Karena situasi hotel, baik karena ketiadaan kamar maupun harga yang mahal, masuk akal untuk naik pesawat dan kembali," ungkapnya.

"Ada kelompok besar dari kami. Dari 63 orang atau lebih, saya tahu setidaknya 20 orang di sana."

"Yang terbaik adalah tidak menunggu di bandara, itu jauh lebih nyaman, karena sangat dekat. Sangat menyenangkan memiliki Piala Dunia di depan pintu kami," tandasnya.

ilustrasi jet pribadi
Ilustrasi interior jet pribadi. (Wikimedia Commons/Konstantin von Wedelstaedt)

Penerbangan ME Jets akan berangkat empat jam sebelum kick-off pertandingan, kembali tiga jam setelah akhir setiap pertandingan. Penumpang harus tiba di terminal keberangkatan setengah jam sebelum jadwal keberangkatan.

Mold memesan tiket melalui pemungutan suara FIFA dan akan bergabung dengan penggemar Inggris lainnya di atas pesawat sewaan pribadi, untuk pertandingan melawan AS di Stadion Al Bayt pada Rabu, 25 November.

Meskipun dia belum memiliki tiket untuk pertandingan lain, dia berharap untuk bergabung dengan penggemar untuk tahap akhir turnamen.

Sementara, sang ayah David Mold memiliki tiket untuk ketiga pertandingan grup Inggris dan akan bepergian dengan jet pribadi, untuk masing-masing pertandingan.

"Saya akan tinggal di Dubai bersama putra saya selama Inggris berada di turnamen dan akan terbang untuk setiap pertandingan. Saya sudah mengikuti setiap turnamen bersama Inggris sejak 1990 di Italia, jadi saya tidak bisa melewatkan Qatar," ujar Mold.

"Saya telah berkomitmen pada jet pribadi untuk setiap pertandingan grup dan 16 pertandingan fase gugur terakhir. Itu akan mahal tapi sepadan, saya yakin," tandasnya.

Kendati penerbangan komersial ke Dona sudah bisa dipesan, dengan penambahan jadwal untuk mengantisipasi lonjakan, mereka yang mampu lebih memilih perjalanan pribadi.

Diketahui, data spesialis industri Sojern menyebut, penerbangan dari seluruh Timur Tengah ke Qatar selama gelaran Piala Dunia, meningkat lebih dari 4.000 persen sejak awal 2022.