Makam Gladiator Langka Ditemukan di Reruntuhan Kota Kuno Anavarza Turki
Reruntuhan kota kuno Anavarza, Turki. (Wikimedia Commons/Dosseman)

Bagikan:

JAKARTA - Arkeolog berhasil menemukan makam gladiator di reruntuhan Kota Kuno Anavarza, yang terletak di Provinsi Adana, selatan Turki.

Anavarza, yang masuk dalam Daftar Tentatif Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2014, adalah rumah bagi sejumlah peradaban masa lalu, termasuk Kerajaan Yunani, Romawi, Bizantium, Sassanid dan Ottoman kuno.

Tim penggalian, yang terdiri dari 24 staf, 30 ilmuwan dan dua arkeolog yang dipimpin oleh Dr. Fatih Gülşen dari Universitas ukurova, telah melakukan penggalian di lokasi dekat amfiteater dan bagian teater, melansir Daily Sabah dari Anadolu Agency 1 Agustus.

Memperhatikan peneliti menemukan makam di dekat bagian selatan situs penggalian, dekat dengan amfiteater, Gülşen mengatakan mereka yakin para gladiator bertempur di sini.

"Kami tahu bahwa mereka tidak hanya mengorganisir pertarungan gladiator tetapi juga olahraga air, permainan dan festival di sini," jelas Gülşen, sambil mencatat bahwa amfiteater di Anavarza adalah salah satu dari empat contohnya di Anatolia.

Lebih jauh Gülşen menerangkan, mereka berharap untuk menemukan tulang belulang gladiator dan nekropolis dalam penggalian mereka, untuk menjelaskan sejarah situs kuno tersebut.

Sejak penggalian di situs tersebut dimulai pada tahun 2014, para peneliti telah menemukan patung batu kapur Dewi Yunani Hygieia dan Dewa Eros bersama dengan beberapa mosaik dan relik.

Kota ini juga memiliki jalan pertama dan tertua di dunia, jalan sepanjang 2.700 meter dan lebar 34 meter yang dihiasi tiang-tiang setinggi 1,5 meter.

Diketahui, Kastil Anavarza berada di atas bukit pusat di daerah tersebut, menghadap ke dataran ukurova yang luas dan subur yang dulu dikenal sebagai Kilikia, dan dianggap sebagai salah satu kastil kuno terpenting di Turki.