Mosaik Hercules Ditemukan di Reruntuhan Kota Kuno Syedra Turki
Mosaik Heracles atau Hercules di reruntuhan Kota Kuno Syedra (Sumber: AA Photo via Daily Sabah)

Bagikan:

JAKARTA - Sebuah mosaik lantai yang menggambarkan pahlawan mitologi Yunani kuno Heracles, yang dikenal sebagai Hercules dalam mitologi Romawi, ditemukan saat penggalian yang dilakukan di reruntuhan Kota Kuno Syedra di Distrik Alanya di selatan Antalya, Turki.

Mosaik itu ditemukan di pemandian Romawi di kota kuno dan menggambarkan 12 pekerjaan Heracles, putra Zeus dan Alcmene menurut mitos.

Berbicara kepada Anadolu Agency (AA), profesor Ertuğ Ergürer dari Fakultas Sastra Universitas Karamanoğlu Mehmetbey di Departemen Arkeologi, kepala penggalian di Syedra mengatakan, mereka telah menemukan temuan arkeologi yang sangat baik dalam pekerjaan yang telah dilakukan sejak 2019 di situs sejarah.

Menurut Ergürer, mereka menemukan mosaik Heracles di kota kuno pada 2019 untuk pertama kalinya. Namun, karena berpikir bahwa tidak aman untuk mengungkapkan mosaik sepenuhnya pada saat itu, tim penggalian sepenuhnya menemukan artefak pada akhir tahun 2020.

reruntuhan kota kuno syedra
Reruntuhan Kota Kuno Syedra di Antalya, Turki. (Sumber: AA Photo via Daily Sabah)

Melihat bahwa adegan mitologis dalam mosaik yang disebut "12 pekerjaan Heracles" terpelihara dengan baik, tim kemudian sepenuhnya menutupi artefak dengan tanah untuk melindunginya dan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dalam studi terperinci di masa depan.

"Kami belum pernah melihat mosaik seperti itu di mana adegan mitologis dari 12 pekerjaan Heracles digambarkan sebelumnya. Fakta bahwa sosok-sosok mosaik dibuat dalam dimensi manusia juga menonjol. Dalam pengertian ini, ini adalah mosaik yang unik," jelasnya seperti melansir Daily Sabah dari Anadolu Agency 26 Juli.

Lebih jauh Ergürer menerangkan, mosaik lantai yang memiliki lebar 7,9 meter dan panjang 21,91 meter, diperkirakan dibuat pada abad kedua Masehi dan tersebar di area seluas sekitar 164 meter persegi.

Menurut mitologi, dalam keadaan marah, Heracles membunuh istrinya. Ketika dia bertanya bagaimana dia bisa menebusnya, dia diberitahu untuk melakukan perjalanan ke Tiryns dan menyelesaikan tugas yang diminta oleh Raja Eurystheus kepadanya.

Selama 12 tahun, ia melakukan perjalanan ke mana-mana untuk menyelesaikan 12 pekerjaan yang diberikan kepadanya. Sampai saat ini, penebusan dosa ini telah tercermin pada banyak artefak seperti vas dan sarkofagus.