Tim Penjelajah Temukan Harta Karun dari Kapal Kuno Spanyol yang Tenggelam 350 Tahun Lalu: Ada Koin hingga Batu Permata
Barang yang berhasil diangkap tim penjelajah dari kapal Nuestra Señora de las Maravillas. (Sumber: The Bahamas Maritime Museum via CNN)

Bagikan:

JAKARTA - Bagi tim penjelajah ini, legenda menjadi kenyataan ketika mereka menemukan harta karun artefak dari kapal galiung Spanyol berusia 350 tahun yang tenggelam, termasuk koin, batu permata, dan permata tak ternilai yang pernah dimiliki oleh para ksatria pelaut, layaknya kisah penemuan kapal-kapal kuno.

Nuestra Señora de las Maravillas (atau Our Lady of Wonders) tenggelam pada tahun 1656 setelah bertabrakan dengan kapal lain dari armadanya dan menabrak terumbu karang di lepas pantai Bahama.

Kapal itu membawa harta karun, beberapa di antaranya dicadangkan sebagai pajak kerajaan untuk Raja Philip IV, dari Kuba ke Seville, Spanyol. Kapal berbobot 891 ton itu memuat lebih banyak kargo daripada biasanya, karena juga ditugaskan untuk mengangkut harta karun yang diambil dari kapal lain yang tenggelam dua tahun sebelumnya.

Sudah ada beberapa upaya yang berhasil untuk mengambil kargo kapal, dengan hampir 3,5 juta barang ditemukan antara tahun 1650-an dan 1990-an, menurut spesialis kapal karam Allen Exploration, yang melakukan ekspedisi dua tahun dari tahun 2020.

Namun penemuan terbaru, yang akan dipamerkan bulan ini di Museum Bahari Bahama yang baru, menawarkan wawasan baru tentang kehidupan di atas kapal. Bekerja dengan penyelam lokal, arkeolog dan ahli lainnya, para peneliti juga sedang dalam proses "merekonstruksi misteri bagaimana kapal itu hancur dan tenggelam," kata arkeolog proyek kelautan James Sinclair dalam siaran pers, melansir CNN 3 Agustus.

harta karun kapal tenggelam
Barang yang berhasil diangkap tim penjelajah dari kapal Nuestra Señora de las Maravillas. (Sumber: The Bahamas Maritime Museum via CNN)

Menggunakan teknologi penginderaan jauh, seperti sonar dan magnetometer, Allen Exploration melacak jejak puing-puing temuan yang panjang dan berliku' yang tersebar di hamparan dasar laut sepanjang 13 kilometer, tambah pendiri Carl Allen dalam sebuah pernyataan.

Di antara penemuannya adalah rantai kerawang emas sepanjang 1,76 meter dan beberapa liontin berhiaskan berlian yang dulunya milik ksatria Ordo Santiago, ordo keagamaan dan militer berusia berabad-abad.

Salah satu liontin emas menampilkan zamrud Kolombia oval besar dan selusin zamrud kecil, yang diyakini para ahli mungkin mewakili 12 rasul, di samping Salib St. James. Tiga liontin ksatria lainnya juga ditemukan, termasuk satu yang berbentuk seperti cangkang kerang emas.

"Ketika kami membawa liontin zamrud dan emas oval, napas saya tercekat," kata Allen, menambahkan: "Bagaimana liontin kecil ini bertahan di perairan yang keras ini, dan bagaimana kami berhasil menemukannya, adalah keajaiban Maravillas."

Artefak lain yang ditemukan menyinari kehidupan sehari-hari di Maravillas, yang berlayar selama "Zaman Keemasan Spanyol", termasuk porselen China dan toples zaitun, serta gagang pedang perak.

Beberapa barang berharga dari galleon mungkin juga telah diselundupkan untuk tujuan "melumasi telapak tangan para pedagang dan pejabat Spanyol secara ilegal," tutur Allen.

Barang-barang yang ditemukan oleh tim Allen akan disimpan secara permanen di Museum Maritim Bahama, yang dibuka 8 Agustus di kota terbesar kedua di negara Karibia, Freeport.

Dan Sinclair percaya, bahwa mungkin masih ada lebih banyak penemuan yang akan dibuat.

"Kapal itu mungkin telah dilenyapkan oleh penyelamatan dan badai di masa lalu. Tapi kami yakin ada lebih banyak cerita di luar sana," tukasnya.