Pantau Kapal Harta Karun yang Tenggelam Tahun 1708, Kolombia Temukan Lagi Dua Kapal Bersejarah Lainnya
Kapal karam di Karibia. (Sumber: Colombian Presidency)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Kolombia Ivan Duque Marquez mengumumkan penemuan dua bangkai kapal bersejarah baru, saat Angkatan Laut Kolombia melakukan pemantauan bawah air Kapal San Jose yang tenggelam ratusan tahun lalu.

Galleon San Jose, yang dianggap oleh para sejarawan membawa harta karun yang bernilai miliaran dolar, tenggelam pada tahun 1708 di dekat Pelabuhan Cartagena di Karibia, Kolombia.

Peluang untuk mengangkatnya dari dasar perairan telah menjadi subyek litigasi selama beberapa dekade.

Sebuah kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh mencapai kedalaman 900 meter, Presiden Duque dan pejabat angkatan laut mengatakan dalam sebuah pernyataan video, memungkinkan video baru dari reruntuhan.

Kendaraan itu juga menemukan dua bangkai kapal lain di dekatnya, sebuah kapal kolonial dan sekunar yang diperkirakan berasal dari periode yang sama dengan perang kemerdekaan Kolombia dari Spanyol, sekitar 200 tahun yang lalu.

"Kami sekarang memiliki dua penemuan lain di daerah yang sama, yang menunjukkan pilihan lain untuk eksplorasi arkeologi," kata Komandan Angkatan Laut Laksamana Gabriel Perez, melansir Reuters 7 Juni

"Jadi pekerjaan baru saja dimulai," tandasnya.

Gambar-gambar tersebut menampilkan pemandangan terbaik dari harta karun yang ada di atas kapal San Jose, termasuk emas batangan dan koin, meriam yang dibuat di Seville pada tahun 1655 dan perabotan makan malam China yang utuh.

Para arkeolog dari angkatan laut dan pemerintah sedang bekerja untuk menentukan asal usul lempengan-lempengan itu berdasarkan prasasti, kata para pejabat.

"Idenya adalah untuk memulihkannya dan memiliki mekanisme pembiayaan berkelanjutan untuk ekstraksi di masa depan," ujar Presiden Ivan Duque.

"Dengan cara ini kita melindungi harta karun, warisan dari kapal galian San Jose," pungkasnya.