Disney Cruise Line Cabut Persyaratan Vaksinasi untuk Anak-anak Usia 5-11 Tahun
Ilustrasi kapal pesiar Disney Cruise Line. (Wikimedia Commons/ajmexico)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan pelayaran Disney Cruise Line mengatakan pada awal pekan ini, pencabutan persyaratan vaksinasi untuk anak-anak di bawah 12 tahun.

Mulai 2 September mendatang, persyaratan untuk sepenuhnya divaksinasi terhadap COVID-19 tidak lagi berlaku untuk calon penumpang berusia 5 hingga 11 tahun, untuk pelayaran yang meninggalkan pelabuhan AS dan Kanada.

Aturan jalur pelayaran sebelumnya, yang masih berlaku untuk pelayaran yang berangkat hingga 1 September, mengharuskan penumpang berusia 5 tahun ke atas untuk divaksinasi sepenuhnya terhadap COVID-19.

Sebelumnya, Administrasi Makanan dan Obat-obatan (FDA) Amerika Serikat telah mengesahkan vaksinasi COVID-19 untuk anak-anak usia hingga 6 bulan.

Dengan perubahan tersebut, persyaratan vaksinasi akan tetap berlaku untuk semua tamu berusia 12 tahun ke atas. Perusahaan pelayaran mencatat, vaksinasi direkomendasikan untuk pelancong yang lebih muda.

"Dengan mempertimbangkan panduan CDC, Disney Cruise Line sangat merekomendasikan agar Tamu berusia 11 tahun ke bawah divaksinasi sepenuhnya sebelum berlayar," demikian bunyi situs web Disney Cruise Line, melansir CNN Travel 16 Agustus.

Kendati demikian, Tes COVID-19 diperlukan untuk semua tamu, dengan persyaratan berbeda untuk pelancong yang divaksinasi dengan yang tidak.

Calon penumpang yang divaksinasi lengkap yang memberikan hasil tes COVID-19 negatif yang diambil satu hingga dua hari sebelum berlayar, dibebaskan dari tes di pelabuhan kapal pesiar.

Sementara, calon penumpang yang divaksinasi lengkap tetapi tidak memberikan hasil tes negatif yang diperlukan, diwajibkan untuk mengikuti tes di pelabuhan kapal pesiar dan akan dikenakan biaya untuk tes tersebut.

Adapun calon penumpang yang belum sepenuhnya divaksinasi, harus memberikan hasil tes negatif sebelum perjalanan dan melakukan tes kedua di pelabuhan sebelum keberangkatan yang dibayar oleh Disney.

CNN Travel telah menghubungi Disney Cruise Line untuk mengomentari kebijakan yang direvisi.

Diketahui, Disney bukan satu-satunya jalur pelayaran yang melonggarkan aturan COVID-19, dengan beberapa perusahaan pelayaran melangkah lebih jauh dalam melonggarkan protokol.

Mulai 5 September, Royal Caribbean akan mengizinkan semua pelancong, terlepas dari status vaksinasi, untuk berlayar dari beberapa pelabuhan AS serta homeport Eropa.

Celebrity Cruises juga telah mengumumkan rencana untuk memudahkan persyaratan vaksinasi pada pelayaran dari beberapa pelabuhan mulai 5 September.

Dan, Carnival Cruise Line memiliki rencana untuk mengizinkan tamu yang tidak divaksinasi untuk berlayar di sebagian besar kapal pesiar mulai 6 September.