Rusia Kewalahan di Ukraina: Moral Pasukan Buruk, Kerahkan Tank berusia 60 Tahun dan Artileri Era Soviet ke Garis Depan
Ilustrasi tank T-62 Rusia diangkut dengan kereta. (Wikimedia Commons/Glenn J. Mason)

Bagikan:

JAKARTA - Kerugian yang diderita Rusia di Ukraina, membuat komandan militer negara itu memutuskan untuk mengirimkan tank berusia 60 tahun ke garis depan pertempuran, sebut pejabat Barat.

Jumlah kematian di antara pasukan Rusia diperkirakan telah mencapai 20.000, kata mereka, meningkat 5.000 sejak April, seperti melansir The National News 10 Juni.

Tak hanya itu, Moskow kehabisan rudal jelajah paling canggih dan roket canggihnya, dengan sanksi internasional membuatnya sulit untuk mendapatkan suku cadang. Ini membuat kampanyenya bermasalah dan menjadikan Moskow kewalahan.

"Kampanye Rusia terus bermasalah di semua tingkatan. Secara taktis, moral di tingkat unit dan di beberapa lapisan komando sangat buruk, dengan unit sering bertempur di sebagian kecil dari awak mereka,” jelas seorang pejabat kepada media.

Itu juga memakan waktu "berhari-hari atau berminggu-minggu untuk mencapai tujuan taktis yang sederhana sekalipun", seperti merebut desa-desa yang harus ditempuh dalam hitungan jam.

"Sesuatu yang harus diwaspadai adalah, titik ketika seluruh angkatan bersenjata Rusia mungkin mencapai di mana mereka tidak dapat lagi secara efektif menghasilkan kekuatan tempur ofensif," terang pejabat itu.

ilustrasi tank t-62
Ilustrasi tank T-62 Rusia. (Wikimedia Commons/Glenn Jno)

Meski demikian, Rusia masih memiliki kemajuan yang stabil jika mahal di Ukraina timur, dengan pasukannya hampir merebut kota utama Donbas, Severodonetsk.

Namun, dalam beberapa hari terakhir kemajuan 'tampaknya terhenti', kata pejabat itu, meskipun Rusia masih berusaha keras untuk merebut kota menggunakan artileri massal dan sembarangan.

“Ada perasaan improvisasi strategis atau kekacauan, sementara angkatan bersenjata Rusia semakin menghadapi kekurangan amunisi dan kemampuan kunci yang berdampak strategis,” kata pejabat itu.

Kekurangan ini menyebabkan Kremlin mengirim T-62 veteran, yang pertama kali diproduksi pada tahun 1961, ke garis depan. Lebih dari 100 tank seberat 37 ton digali di sekitar posisi pertahanan Rusia daripada digunakan dalam peran ofensif.

Amunisi era Soviet, terutama untuk artileri, juga telah diambil dari bunker penyimpanan dalam, meskipun usianya dipahami membuatnya tidak stabil dan tidak dapat diandalkan.

"Rusia telah menghabiskan ratusan persediaan rudal jelajah Kalibr, senjata yang 'membutuhkan upaya signifikan dari kompleks industri pertahanan untuk diproduksi dan mahal," terang pejabat itu.

Pejabat itu 'yakin' korban tewas di pihak Rusia saat ini berjumlah antara 15.000 hingga 20.000, dengan kemungkinan tiga kali lipat dari jumlah itu terluka.

Sebelumnya, Ukraina telah menempatkan korban tewas militer Rusia di 31.000, dengan Kyiv telah mengakui saat ini menderita hingga 100 tentara mereka terbunuh setiap hari.