Bagikan:

JAKARTA - Sejumlah diplomat dan agen intelijen Amerika Serikat yang terkena penyakit misterius Sindrom Havana, bisa menjadi sasaran pulsa energi elektromagmetik, menurut sebuah laporan kepada pemimpin intelijen AS yang dirilis Hari Rabu.

"Pulsa energi elektromagmetik, terutama dalam rentang frekuensi radio, secara masuk akal menjelaskan" sakit telinga, vertigo dan gejala lain dari beberapa dari mereka yang menderita penyakit yang pertama kali dilaporkan oleh AS diplomat AS di ibukota Kuba (Havana) pada tahun 2016," kata para ahli dari dalam dan luar Pemerintah AS, mengutip Reuters 3 Februari.

Panel ahli tersebut dibentuk oleh Direktur Intelijen Nasional Avril Haines dan Wakil Direktur CIA David Cohen.

Kombinasi gejala "tidak dapat dengan mudah dijelaskan oleh lingkungan atau kondisi medis yang diketahui" di antara sebagian korban. Jumlah orang-orang itu tidak diungkapkan dalam ringkasan eksekutif laporan yang tidak dirahasiakan. Sementara, kasus seperti ini telah dilaporkan di Rusia, Cina, Tajikistan dan beberapa negara Afrika.

Temuan ini menggemakan studi National Academy of Sciences 2020, berdasar laporan internal CIA pada 20 Januari yang menyimpulkan, tidak mungkin Rusia atau musuh asing lainnya berada di balik sebagian besar apa yang disebut "insiden kesehatan anomali."

Laporan CIA, bagaimanapun, mengatakan ada sekitar dua lusin kasus dari 1.000 diplomat dan agen intelijen Amerika Serikat, yang tetap tidak dapat dijelaskan.

Laporan yang dirilis pada Hari Rabu tidak menyelidiki tanggung jawab. Tetapi kesimpulannya kemungkinan akan memicu frustrasi di antara pejabat AS sebelumnya dan saat ini, yang tidak memiliki penjelasan yang jelas terkait penderitaan kronis mereka.

"Kami tidak melihat atribusi atau menugaskannya ke musuh atau aktor asing. Kami terjebak pada mekanisme kausal," ujar seorang pejabat AS yang mengetahui laporan tersebut kepada wartawan.

Temuan itu memperkuat perlunya pendekatan pemerintah yang terkoordinasi dan menyeluruh, ujar Mark Zaid, pengacara yang mewakili para korban dari berbagai lembaga pemerintah AS dalam sebuah pernyataan.

"Ulasan agensi sepotong-sepotong ini kadang-kadang mengungkapkan hasil yang tidak konsisten dan sama-sama kontradiktif," terangnya.

Eric Lander, direktur Kantor Kebijakan Sains dan Teknologi Gedung Putih, mengatakan dalam sebuah pernyataan, panel tersebut bekerja selama hampir sembilan bulan. Laporan tersebut merupakan yang pertama dari beberapa kelompok ahli yang memiliki akses luas "ke pelaporan intelijen dan data pasien."

Panel menemukan, gejalanya asli dan menarik berdasarkan laporan medis dan wawancara dengan dokter dan korban.

Dalam menemukan pulsa energi elektromagmetik bisa menjadi penyebabnya, panel mengatakan "ada kesenjangan informasi" tetapi ada beberapa cara yang masuk akal energi bisa dihasilkan "masing-masing dengan persyaratan sendiri, keterbatasan dan tidak diketahui."

Sumber-sumber seperti itu ada yang "dapat disembunyikan dan memiliki kebutuhan daya sedang," kata laporan itu. "Menggunakan antena dan teknik non-standar, sinyal dapat disebarkan dengan kerugian rendah" melalui udara dan bahan bangunan.

Individu yang secara tidak sengaja terpapar sinyal energi elektromagnetik, yang meliputi gelombang radio, gelombang mikro dan sinar-X, telah melaporkan sensasi yang mirip dengan gejala yang dilaporkan oleh korban Sindrom Havana, catat laporan itu.

Ultrasonografi juga dapat menjelaskan gejalanya, tetapi hanya jika korban berada di dekat sinar, karena ultrasound menyebar dengan buruk melalui udara dan bahan bangunan," lanjutnya.

Faktor psikososial, yang meliputi tuntutan pekerjaan, stres dan depresi, tidak dapat menjelaskan gejala inti dari Sindrom Havana, katanya.

Laporan tersebut menawarkan rekomendasi untuk membantu memahami, mencegah dan mengelola penderitaan, termasuk mengumpulkan dan mengoordinasikan insiden dan data medis Pemerintah AS.