Facebook Ogah Jujur Layanannya Down, Begini Faktanya!
Neon Brand / Unsplash

Bagikan:

JAKARTA - Banyak yang berspekulasi terkait peristiwa penurunan layanan milik Facebook. Tak sedikit yang menawarkan cara memperbaikinya. Namun, hingga kini tak satu pun yang berhasil.

Dalam akun Twitter-nya, Eksekutif Komunikasi Facebook, Andy Stone mengakui sejumlah layanannya mengalami penurunan atau error, dan ia sedang mengusahakan timnya untuk memperbaiki.

Begitu pun dengan Facebook yang menyatakan, "Kami menyadari bahwa beberapa orang mengalami kesulitan mengakses aplikasi dan produk kami. Kami sedang berupaya agar semuanya kembali normal secepat mungkin, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," ungkap Facebook dalam akun resmi Twitter-nya.

Namun hingga kini tidak ada satu pun pernyataan perusahaan yang memberi tahu penyebab peristiwa ini, membuat semua orang, tentu saja berspekulasi.

Mengutip Techradar, Selasa, 5 Oktober, Brian Krebs dari perusahaan keamanan siber Krebs on Security men-tweet kesimpulannya bahwa Domain Name System (DNS) yang merutekan lalu lintas ke situs dan layanan Facebook ditarik begitu saja hari ini.

Krebs mengklarifikasi soal belum jelasnya alasan mengapa perubahan itu dilakukan. Biisa saja perusahaan melakukan kesalahan saat sedang memperbaharui sistem mereka.

AppleInsider juga melaporkan, Cloudflare SVP Dane Knecht men-tweet pengamatan, DNS Facebook dan layanan lainnya sedang down dan rute BGP mereka telah ditarik dari internet. Knecht mencatat bahwa Cloudflare juga melihat kegagalannya sendiri.

Sebelumnya, peristiwa serupa juga terjadi pada Maret dan April lalu, di mana masing-masing layanan Facebook seperti Instagram, WhatsApp, Messenger mengalami penurunan layanan selama lebih dari setengah jam setiap kali. Ini mungkin masalah yang sama karena memengaruhi rangkaian aplikasi dan layanan milik Facebook juga secara global.