Facebook, WhatsApp, Messenger Down, Warganet: Mark Zuckerberg Kenapa?
Adem AY / Unsplash

Bagikan:

JAKARTA - Media sosial kembali bergemuruh, pasalnya jajaran platform milik Mark Zuckerberg seperti Facebook, WhatsApp, Instagram, dan Messenger dilaporkan down malam ini.

Pengguna yang mengalaminya berbondong-bondong memenuhi laman Twitter hingga menjadi trending topik pertama dengan tagar WhatsApp, #Instagramdown dan Mark Zuckerberg. Pasalnya, tidak hanya di Indonesia, penurunan layanan ini juga terjadi di seluruh dunia. Termasuk Amerika Serikat (AS), Inggris, Brasil, Kuwait, dan banyak lagi.

Dari pantauan VOI saat membuka WhatsApp versi Web, muncul tulisan "Phone Not Connected" padahal jaringan yang dimiliki cukup kencang untuk menyambungkan WhatsApp versi Web. Begitupula di ponsel, ketika tim VOI mencoba mengirim pesan ke pengguna lain, hanya muncul ikon jam tanpa bisa terkirim.

Diduga, penurunan layanan jajaran platform Zuckerberg ini dimulai pukul 22.00 WIB. Sementara itu, pengguna tidak hanya memenuhi laman Twitter. Mengutip 9to5Mac, keluhan pengguna juga memengaruhi platform dan layanan yang menggunakan login Facebook.

Situs Workplace internal Facebook dan layanan terkait untuk karyawan juga mengalami gangguan hari ini. Sayangnya, hingga kini Facebook belum menanggapi terkait penyebab terjadinya layanan down ini.

Berikut beberapa keluhan pengguna di Twitter menyoal layanan Facebook, Instagram, dan Messenger down.